in

Berikut Kelebihan & Kekurangan BPJS yang Perlu Anda Tahu!

kelebihan BPJS

Membahas tentang jaminan kesehatan di Indonesia saat ini, memang tak lepas dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Program penjamin kesehatan masyarakat yang berasal dari pemerintah ini memang dinilai memberikan alternatif atau solusi lain untuk masyarakat dari asuransi kesehatan. BPJS Kesehatan yang hadir sejak 1 Januari 2014 ini memang sengaja diluncurkan oleh pemerintah untuk membawa angin segar bagi masyarakat khususnya kalangan menengah kebawah. Namun hingga saat ini, masih banyak pro kontra dimasyarakat mengenai BPJS  ini. Lalu apa saja sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari jaminan sosial yang satu ini? Simak ulasan Pikiranrader berikut ini;

Kelebihan BPJS

Seperti namanya yaitu jaminan sosial, BPJS tentunya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis asuransi kesehatan lainnya. Berikut beberapa kelebihan BPJS:

1. Murah

Kelebihan pertama dari BPJS Kesehatan adalah biaya atau iuran yang murah meriah. Meskipun murah, layanan yang bisa didapat peserta dianggap tidak murahan. Biaya atau iuran pada BPJS Kesehatan ini memang terbilang murah. Bagaimana tidak, hanya dengan premi per-bulan, untuk kelas 1 sebesar Rp60 ribu, kelas 2 sebesar Rp51 ribu, dan kelas 3 sebesar Rp25.000, seseorang sudah bisa mendapatkan layanan atau perlindungan kesehatan dari pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat dan lain sebagainya secara cuma-cuma. Dari berita dan kabar yang ada, bahkan cuci darah dan biaya persalinan bisa didapat oleh peserta dengan gratis.

Baca Juga  Asuransi Kesehatan Terbaik? Ini Dia Kriterianya!

2. Bersifat Wajib

BPJS Kesehatan yang diselenggarakan langsung dari pemerintah atau negara ini memang sebuah program yang diwajibkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Kenapa wajib? Hal ini dikarenakan ada Undang-Undang dan peraturan pemerintah yang mengatur kewajiban ini. Secara lebih lanjut, artinya jika seseorang ikut asuransi swasta maka Anda juga diharuskan juga mendaftar asuransi BPJS kesehatan.

3. Tidak Ada Pengecualian

Kelebihan BPJS Kesehatan adalah tidak adanya pengecualian. Dalam pendaftaran asuransi swasta, seseorang yang sudah terkena penyakit kronis memang bisa saja akan mengalami penolakan. Kalaupun diterima, premi yang dibebankan akan mahal atau bahkan polis bisa ditolak kalau muncul kebohongan. Klaim dana juga bisa jadi sangat sulit ketika Anda dianggap melakukan pembohongan saat mendaftar. Nah, di BPJS Anda bisa mendaftar tanpa ada ditanyakan penyakit yang telah diderita oleh peserta.

Baca juga: Pentingnya Asuransi Saat Memasuki Usia Produktif

4. Perubahan Data Bisa Dilakukan Online

Memang sebelumnya jika peserta BPJS Kesehatan ingin melakukan perubahan data harus datang ke kantor cabang atau pusat. Namun, mengingat semakin hari makin membludaknya peserta BPJS Kesehatan yang mengantre, pemerintah langsung mengatasinya dengan membuka perubahan data secara online. Jadi bagi peserta yang ingin melakukan perubahan data pribadi seperti nomor telepon peserta, alamat dll, atau faskes, kelas BPJS dan sebagainya, peserta bisa ubah melalui website BPJS Kesehatan atau melalui aplikasi JKN yang sebelumnya harus diunduh terlebih dahulu di playstore atau appstore.

Baca Juga  Inilah Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

5. Tanpa Medical Check Up

Apabila Anda mendaftar pada asuransi kesehatan swasta, maka Anda akan dikenai medical check up terlebih dahulu. Dan bila Anda terkena penyakit kritis dan sudah berumur di atas 40 tahun, maka premi Anda akan menjadi semakin mahal. Kemungkinan terburuk seperti pengajuan polis yang ditolak juga sangat mungkin terjadi. Namun, bila Anda mendaftar BPJS, di umur berapa pun Anda boleh mendaftar dan tanpa adanya medical check up bahkan bayi yang masih dalam kandungan saja bisa di daftarkan.

6. Dijamin Seumur Hidup

Sepertinya hanya BPJS yang berani menanggung proteksi peserta hingga seumur hidup. Dalam pengamatan sejauh ini, diketahui asuransi swasta hanya bisa melindungi pesertanya maksimal pada usia 100 tahun, itupun belum ada orang yang memberikan testimoni atau kabar ada asuransi yang berani menanggung hingga umur 100 tahun tersebut.

Baca juga: Inilah Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional

Tinggalkan Balasan

bukalapak

Bukalapak PHK Ratusan Karyawan, Saham EMTK Anjlok

Manfaat SEO untuk Bisnis Online yang Harus Anda Ketahui