in

Berikut Kelebihan & Kekurangan BPJS yang Perlu Anda Tahu! (Part 2)

kekurangan BPJS

Biaya kesehatan yang setiap tahun semakin tinggi memang membuat kesehatan menjadi suatu hal yang sangat ‘mewah’. Beberapa asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan swasta saat ini, memang terkesan mahal untuk ukuran masyarakat Indonesia. Oleh karen itu ketika BPJS ini hadir, masyarakat Indonesia seolah mendapatkan jalan keluar yang sebenarnya. Tapi apakah benar seperti itu? Ternyata di dalam segala kelebihan yang ada pada BPJS, juga terdapat kekurangan atau kelemahan nya. Lalu apa saja kekurangan yang ada pada BPJS, terutama BPJS Kesehatan ini? Simak ulasan PikianTrader berikut ini.

Kekurangan BPJS

Disamping kelebihan-kelebihan BPJS Kesehatan yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, BPJS juga menyimpan beberapa kekurangan yang bisa mungkin dikarenakan sistemnya yang masih baru dan masih diperbaiki terus menerus. Berikut beberapa kekurangan yang ada pada layanan kesehatan BPJS:

Baca juga: 5 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Dan Terbesar Ini Ada Di Indonesia

1. Metode Berjenjang

Kekurangan pertama dari BPJS Kesehatan adalah adanya metode berjenjang saat melakukan klaim. Di BPJS, di luar keadaan darurat, peserta memang diharuskan memeriksakan penyakitnya ke faskes 1 terlebih dahulu. Faskes 1 ini sendiri berupa puskesmas atau klinik. Setelah dari di faskes 1 dan pasien memang dirasa harus ke rumah sakit, maka pasien atau peserta BPJS baru bisa ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Namun di asuransi lain, Anda bisa langsung memeriksakan sakit ke rumah sakit yang sudah bekerja sama.

Baca Juga  5 Tips Memilih Asuransi Mobil yang Terbaik untuk Anda

2. Hanya Berlaku di Indonesia

Layanan kesehatan BPJS memang hanya bisa melindungi diri di wilayah Indonesia saja. Berbeda dengan asuransi swasta yang bisa memproteksi kesehatan pesertanya di rumah sakit yang bekerja sama hingga di seluruh dunia. Jadi jangan harap Anda dapat menggunakan BPJS di luar negeri ya.

3. Harus Sabar Mengantri

Wajar saja bila mau berobat menggunakan BPJS Kesehatan harus antre terlebih dahulu sebelum dipanggil giliran. Hal ini dikarenakan hampir seluruh masyarakat Indonesia memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk berobat. Oleh karena itu poin ketiga ini jjuga termasuk kekurangan dari BPJS, mengingat penanganan kesehatan tentunya harus dilakukan secepat mungkin.

Baca juga: Wajib Diketahui, 5 Unsur Hukum dalam Asuransi

Demikianlah pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan dari BPJS Kesehatan. Dari ulasan PikiranTrader diatas, diharapkan Anda bisa mengerti dan memahami seluk beluk dari BPJS Kesehatan. Dengan adanya informasi ini diharapkan Anda juga lebih bijak untuk menentukan pilihan asuransi yang akan Anda gunakan untuk melindungi atau memproteksi kesehatan Anda dan keluarga Anda.

Baca Juga  Asuransi Kesehatan Terbaik? Ini Dia Kriterianya!

Tinggalkan Balasan

Perekonomian Indonesia di Tangan Presiden BJ Habibie

Perekonomian Indonesia di Tangan Presiden BJ Habibie

4 Tips untuk Memaksimalkan Produktivitas Saat Bekerja