in

Grafik Batang, Bagian dan Cara Membacanya

grafik batang

Bar chart, atau yang sering disebut dengan Grafik batang adalah salah satu grafik paling populer dan sering digunakan oleh para trader forex dan saham. Dengan membaca grafik batang akan memberikan kesempatan kepada pedagang harian untuk mengakses informasi yang bisa membantu mereka membuat keputusan. Selain itu, grafik ini ini relatif mudah dibaca dan ditafsirkan.

Bagian-bagian grafik batang

Grafik ini terdiri dari kaki pembuka (garis vertikal menghadap ke kiri) dan kaki penutup (garis vertikal menghadap ke kanan). Setiap bar memiliki harga terbuka, tinggi, rendah, dan tutup yang terjadi pada setiap interval tertentu yang telah ditetapkan oleh pedagang.

Misalnya, jika dalam satu hari pedagang ingin melihat chart bar selama satu menit, maka ia akan mendapatkan bar baru di setiap menit. Setiap batang menunjukkan harga buka, tinggi, rendah, dan tutup.

Pedagang juga dapat memilih interval, selain waktu dan jumlah transaksi tertentu. Jika bar menunjukkan transaksi disebut thick bar (bar tebal). Dengan menggunakan grafik ini, bar baru akan muncul setiap kali sejumlah transaksi terjadi untuk saham atau aset apa pun yang dipetakan.

Baca Juga  Investor Atau Trader, Mana Yang Lebih Baik?

Chart bar juga menunjukkan arah pergerakan harga, ke atas atau ke bawah, disertai dengan seberapa jauh harga bergerak selama bar. Dengan menggunakan grafik batang ini, trader harian dapat menilai pergerakan harga.

Jika trader harian membuat keputusan sesuai dengan harga yang tertera di bar itu, maka, dia melakukan aksi harga perdagangan.

Bagaimana cara membaca grafik batang?

Pedagang biasanya menyebut grafik batang sebagai grafik batang OHLC atau grafik HLC. Namanya mengacu pada Buka/open (O), tinggi/ high (H), rendah/low (L), dan tutup/close (C).

Open

Open mewakili harga pertama yang diperdagangkan selama bar. itu ditunjukkan oleh kaki horizontal di sebelah kiri bar.

High

High mewakili harga tertinggi yang diperdagangkan selama bar. itu ditunjukkan oleh bagian atas bilah vertikal.

Low

Low mewakili harga terendah yang diperdagangkan selama bar. Ini menunjukkan garis bawah bilah vertikal.

Close

Close mewakili harga terakhir yang diperdagangkan selama bar. Ini ditunjukkan oleh kaki horizontal di sebelah kanan bilah.

Arah Harga

Lokasi harga pembukaan dan penutupan menunjukkan arah harga sesui yang ditunjukkan bar. Ketika kaki penutup lebih tinggi dari kaki pembuka maka harga bergerak ke atas. Sebaliknya, jika kaki penutupan lebih rendah dari kaki pembuka maka harga bergerak ke bawah.

Baca Juga  Yuk Kenali Analisis Teknikal untuk Kesuksesan Trading Anda!!!