in

Aturan Day Trading Yang Wajib Anda Ketahui (1)

Day Trading adalah aktivitas perdagangan untuk jangka pendek. Orang yang melakukan Day Trading disebut Day Trader. Mereka memiliki kebiasaan membuka dan menutup posisi mereka di pasar valas dalam satu hari.

Biasanya, pecinta Day Trading adalah mereka yang tidak suka memegang posisi mereka selama berhari-hari. Selain itu, mereka ingin segera mendapat untung. Namun, menjadi day trader tidak mudah, Anda harus memahami aturan day trading.

Mari kita lihat beberapa aturan Day Trading berikut yang harus Anda ikuti:

Bukan Investasi

Anda harus mengerti bahwa Day Trading bukanlah investasi. Day Trading adalah kegiatan jangka pendek yang murni dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari perbedaan pergerakan harga dalam satu hari.

Ada banyak resiko Day Trading. Salah satunya adalah risiko volatilitas di mana fluktuasi mata uang terjadi begitu cepat. Ini bisa membawa manfaat jika Anda menggunakannya dengan bijak. Namun, itu bisa menjadi bencana jika Anda melakukan posisi terbuka tanpa pertimbangan analisis dan manajemen uang yang baik.

Bukan Judi

Jangan pernah berpikir bahwa Day Trading adalah perjudian. Pola pikir itu akan membuat Anda trading tanpa rencana, dan cenderung mencari keuntungan secara acak.

Baca Juga  Membangun Modal Psikologis Pada Trading

Trader yang memiliki pola pikir sebagai penjudi akan menganggap pasar sebagai area bermain, bukan sebagai tempat bisnis. Trader semacam ini biasanya akan kehilangan uang. Sementara itu, mereka yang melihat trading sebagai area bisnis akan dapat bertahan lebih lama. Alasannya, mereka dapat menghasilkan laba secara konsisten dengan mengacu pada manajemen uang dan analisis yang cermat.

Menerapkan 5W dan 1H

Anda harus memiliki perencanaan yang cermat dalam trading. Rencana tersebut akan membuat trading Anda lebih terarah. Jika Anda bingung harus mulai dari mana, Anda dapat menerapkan strategi 5W dan 1H, yaitu Apa, Siapa, Kapan, Di mana, Mengapa, dan Bagaimana.

Mengamati Pasar

Dalam 15 menit awal ketika sesi pasar dimulai, harga biasanya akan mengalami volatilitas yang cukup tinggi. Ini akan membuat Anda sulit untuk melakukan analisis, terutama untuk trader Price Action. Dengan demikian, Anda harus menunggu sentimen pasar stabil.

Setelah 15 menit berlalu, Anda dapat mulai mencari peluang berdasarkan rencana trading Anda.

Meninjau Trading Anda

Aturan trading sering dilewatkan oleh pedagang pemula, meskipun manfaatnya sangat penting. Selalu ada pelajaran yang bisa dipelajari di akhir setiap sesi trading. Oleh karena itu, Anda harus meluangkan waktu untuk mengidentifikasi keberhasilan atau kegagalan yang Anda miliki setelah menutup sesi trading.

Baca Juga  4 Alasan Mengapa Anda Kesulitan dalam Membuka Posisi Trading

Menggunakan Stop Loss

Untuk menentukan Stop Loss, Anda harus memperhatikan kondisi pergerakan harga. Jangan meletakkan Stop Loss pada tingkat yang tidak proporsional atau tidak sepadan dengan kondisi nyata yang terjadi di pasar. Menurut Investopedia, dengan menggunakan Stop Loss, Anda tidak perlu memantau kinerja suatu saham setiap hari.

Misalnya, Anda dapat menempatkan Stop Loss secara acak pada jumlah pip sesuka hati, antara 25 pips atau 50 pips. Ini berpotensi menyebabkan akun Anda menutup posisi terlalu dini, meskipun harga masih dapat bergerak ke arah yang Anda analisis sebelumnya.

Baca juga: Virtual Trading dan Live Trading, Apa Perbedaannya?

Tinggalkan Balasan

Keuntungan Trading di Broker FXOptimax

Keuntungan Trading di Broker FXOptimax

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 12 Desember 2019

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 14 Desember 2019