in

Pengertian Serta Perbedaan Emiten dan Perusahaan Publik

Pengertian Serta Perbedaan Emiten dan Perusahaan Publik
Istilah Emiten dan Perusahaan Publik didefinisikan didalam Undang Undang nomor 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal. Secara ringkas dapat dijelaskan sebagai berikut :

Pengertian Emiten

Perusahaan yang menerbitkan efek (saham atau obligasi) dan melakukan emisi untuk dijual secara umum kepada masyarakat melalui pasar modal untuk mendapatkan dana atau modal tambahan. Dengan demikian perusahaan tersebut akhirnya menjadi perusahaan publik.

Pengertian Perusahaan Publik

Perusahaan publik adalah setiap perseroan yang sahamnya telah dimiliki sekurang-kurangnya oleh 300 (tiga ratus) pemegang saham dan modal disetornya sekurang-kurangnya 3 miliar rupiah.

Setiap perseroan yang memenuhi suatu jumlah pemegang saham dan modal disetor yang ditetapkan dengan peraturan pemerintah (diluar dari kriteria diatas).

Perbedaan emiten perusahaan publik dan perusahaan tertutup

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Emiten adalah Perusahaan yang menjual efek berbentuk saham maupun obligasi kepada publik. Namun Emiten dapat berupa Perusahaan terbuka (publik) maupun Perusahaan tertutup.

Perbedaan antara perusahaan publik dan perusahaan tertutup yang menjadi emiten adalah perusahaan terbuka (publik) dapat menjual efek saham, saham dan obligasi kepada publik namun tidak menjual obligasi saja. Sedangkan perusahaan tertutup tidak menjual efek saham kepada publik akan tetapi hanya menjual efek obligasi kepada publik .

Baca Juga  Psikologi Pasar Trading Dan Pemahamannya

Baca juga:Imbas dari Lesunya Ekonomi Global, Beberapa Emiten Turunkan Target IHSG

Emiten di Pasar Modal

Perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa (disebut emiten) pada umumnya memiliki berbagai tujuan yang sudah disetujui dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) misalnya modal untuk perluasan usaha, perbaikan modal, pengalihan pemegang saham, dll.

Emiten yang menjual sahamnya di Pasar Modal biasanya menggunakan kode tertentu sebagai identitas perusahaan, misalkan, PT Astra International Tbk dengan kode: ASII, Bank Negara Indonesia Tbk dengan kode: BBNI,  Bumi Resources Tbk dengan kode: BUMI.

Untuk mengetahui secara lengkap nama Emiten yang memperdagangkan saham beserta kodenya di Pasar modal (Bursa Efek) Indonesia dapat dilihat pada situs www.idx.co.id

Baca juga: Deretan Emiten dengan Nilai IPO Luar Biasa di Dunia

Tinggalkan Balasan

Kebiasaan Trading Buruk yang Harus Dihindari (1)

Kebiasaan Trading Buruk yang Harus Dihindari (2)