in

3 Saham yang Berpengaruh Dengan Perpindahan Ibu Kota

kalimantan

Perpindahan ibu kota Indonesia diprediksi akan berpengaruh pada tiga saham berikut ini. Kira-kira apa saja saham tersebut? Simak berita selengkapnya.

Baca juga:  10 Kementerian dengan Anggaran Terbesar Tahun 2020 Part 1

Sah! Ibu Kota Pindah ke Kaltim

Setelah rencana pemerintah untuk memboyong ibu kota Indonesia dari Pulau Jawa akhirnya terlaksana juga. Lokasi ibu kota baru negara Republik Indonesia sudah diputuskan di Provinsi Kalimantan Timur.

Dengan lahan seluas tiga ribu hektar sudah disiapkan untuk pembangunan tahap pertama. Keputusan ini diambil atas dasar lokasi Kalimantan Timur yang strategis dan jauh dari bencana.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro menerangkan bahwa Kalimantan Timur berada ditengah-tengah. Sebelumnya, terdapat pilihan antara Kalimantan Timur atau Sulawesi barat. Setelah ditinjau ulang, berdasarkan peta bencana, mantan menteri keuangan ini menjabarkan bahwa Pulau Kalimantan menjadi salah satu wilayah yang paling aman dilalui jalur bencana.

Baca juga: IHSG Berada di Zona Hijau Berkat RAPBN Jokowi-Sri Mulyani

Lantas, saham apa sajakah yang akan bullish?

Adanya perpindahan ibu kota ini tentu membuat pembangungan di Kaltim sedang gencar-gencarnya. Hal ini tentu mendorong beberapa harga saham yang bergerak naik (bullish). Dikutip dari akun instagram @moneysmartid, berikut 3 saham yang akan meroket saat perpindahan ibu kota.

Baca Juga  Mengintip Harta Pemeran Avengers, Siapa Paling Kaya?

1. PT Ciputra Development Tbk (CTRA)

CTRA memiliki lahan seluas 870 hektar di Kalimantan. Jumlah proyek CTRA pun juga tidak sedikit. Kini harga saham CTRA per lembarnya adalah Rp 1.245. Market Cap (kapitalisasi pasar) dari PT Ciputra Development Tbk (CTRA) senilai Rp 22,8 triliun.

2. PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP)

Sejumlah analis cukup optimis akan perusahaan ini. Jika ibu kota pindah ke Kalimantan, maka harga saham PTPP akan berpotensi untung. Pasalnya PTPP berpotensi besar dilibatkan untuk pembangunan infrastruktur di Kaltim. Kini harga saham PTPP senilai Rp 1.965 per lembarnya. Market Cap PT Pembangunan Perumahan Tbk senilai Rp 12,18 triliun.

3. PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP)

WSBP pada kesempatan ini juga akan kejatuhan rezeki. Produsen beton pracetak ini sudah membangun patrik pengolahan di Kalimantan untuk persiapan ibu kota baru. Kini harga saham WSBP Rp 325 per lembarnya. Market Cap WSBP sendiri senilai Rp 9,23 triliun.

Baca juga: Isu DMO Batu Baru Dicabut dari BEI Dibantah Oleh ESDM

Baca Juga  Sayembara Desain Ibu Kota Baru Dibuka, Begini Kriterianya!

Tinggalkan Balasan

Ketahuilah Kesehatan Keuangan Lewat Fitur Pede (Ponsel Duit)

Ketahuilah Kesehatan Keuangan Lewat Fitur Pede (Ponsel Duit)

kondisi pengeluaran tak terduga

Awas! Kondisi ini Jadi Biang Pengeluaran Tak Terduga Anda!