in

Inflasi Agustus 2019 Diangka 0,15 %, Ini Sebabnya!

investasi yang tidak terpengaruh inflasi

Survei pemantauan harga (SPH) Bank Indonesia (BI), pada bulan Agustus 2019 memproyeksikan inflasi berada di kisaran angka 0,15%. Berdasarkan pemantauan sampai dengan minggu keempat, inflasi Agustus 0,15% dan secara tahunan sebesar 3,74% yoy (year on year). Hal tersebut diungkapkkan oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo. Dilansir dari detikfinance.com penyebab utama inflasi bulan Agustus ini tak lain karena disumbang oleh komoditas cabai merah, yaitu sebesar 0,11%, emas perhiasan sebesar 0,08%, dan cabai rawit sebesar 0,05%.

Baca juga: Kembangkan Bisnis UMKM dengan Berkiblat pada Singapura

“Berdasarkan pemantauan sampai dengan minggu keempat, inflasi Agustus 0,15% dan secara tahunan 3,74% yoy,” Jelasnya.

Terkait penyumbang invlasi terbesar yaitu cabai merah, menurutnya terjadi karena salah satunya faktor cuaca. Hal ini yang akhirnya berpengaruh pada beberapa produksi di sejumlah daerah terganggu. Sementara itu permintaan Nasional cukup tinggi, meskipun produksi cabai di wilayah Jawa cukup banyak, namun tetap belum dapat memenuhi kebutuhan.

“Tapi kami melihat ini bersifat temporer, mudah-mudahan beberapa bulan ini sudah mulai masuk panen cabai. Karena akhir tahun ini kami masih meyakini inflasi akan di bawah 3,5%,” tutup Perry.

Baca Juga  Menpar: Mudik Jadi Ajang Pemerataan Ekonomi Warga Daerah

Baca juga: Awas! Kondisi ini Jadi Biang Pengeluaran Tak Terduga Anda!

Seperti yang diketahui, harga komoditas cabai, khususnya cabai merah mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Terpantau dari awal ulan Agustus 2019, harga cabai merah bertengger diharga Rp 100.000. Bahkan untuk wilayah Ibu kota, harga komoditas ini tembus di harga Rp 120.000 per kg.

Kendati demikian, tingkat inflasi ini diperkirakan tidak akan melebar dari target. Hal ini dikarenakan beberapa komponen pengeluaran masyarakat justru mengalami penurunan harga atau deflasi. Misalnya, tarif angkutan udara sekitar minus 0,09%, bawang merah minus 0,07%, daging ayam ras 0,02% dan sisanya dari komoditi sayur-sayuran.

Baca juga: Pertanyaan Penting Sebelum Menjalankan Bisnis Baru (Part 2)

 

Tinggalkan Balasan

Sumber dana pebisnis

Membutuhkan Dana untuk Memulai, Dari Mana Asal Modal Pebisnis? (Part 2)

Merchandise Mampu Jadi Strategi Pemasaran Ampuh, Inilah Aneka Kegunaannya!