in

Dari 8 BUMN, PLN Dapat Suntikan Dana Terbesar di 2020

15 BUMN

Pada tahun 2020 mendatang, pemerintah telah mengajukan alokasi Penyertaan Modal Negara (PMN) yakni sebesar Rp 17,73 triliun yang dibagikan ke 8 BUMN. Dari jejeran BUMN tersebut, PLN lah yang digelontorkan uang paling besar. Usulan itu pun disetujui oleh Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

“PMN yang totalnya Rp 17,73 triliun kami setujui,” ujar Wakil Ketua Banggar DPR RI, Said Abdullah di ruang Banggar, gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/9) kemarin, dikutip dari detikFinance.

Baca juga: Mau Beli Saham Penyokong Gundala?

Rupanya, jumlah PMN yang diajukan oleh pemerintah untuk tahun depan lebih rendah dibandingkan tahun ini. Padahal, secara jumlah BUMN lebih banyak tahun 2019. Tercatat pada tahun 2019, jumlah PMN yang disetujui sebesar Rp 17,8 triliun untuk 3 BUMN.

Faktanya, alokasi PMN untuk tahun 2020 yang sudah pasti ada 7 BUMN. Sementara itu, belum ditentukan untuk 1 BUMN lagi. Yang pasti yang terpilih merupakan BUMN yang bertujuan untuk menguatkan neraca transaksi berjalan.

Baca juga: Super! Indonesia Berhasil Tembus Top 200 Listed Company

Baca Juga  Lowongan Kerja untuk SMA di Pelindo III

Dikutip dari detikFinance, berikut Rincian 8 BUMN yang disuntik PMN tahun depan:

1. PT PLN (Persero). PLN akan diberikan PMN sebesar Rp 5 triliun. Yang mana artinya lebih rendah dari PMN 2019 Rp 6,5 triliun.

2. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) diberikan PNM lebih besar dari tahun sebelumnya yakni Rp 2,5 triliun. Sedangkan tahun kemarin yang diterima Rp 800 miliar.

3. PT Hutama Karya (Persero) akan diberikan PMN sebesar Rp 3,5 triliun. Turun dari PMN 2019 yaitu sebesar Rp 10,5 triliun.

4. PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) mendapatkan PMN sebesar Rp 300 miliar.

5. PT Geo Dipa Energi (Persero) disuntikkan dana sebesar Rp 700 miliar.

6. PT PNM mendapatkan PMN sebesar Rp 1 triliun.

7. PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (Persero) sebesar Rp 3,8 triliun

Untuk yang ke-8 masih belum ditentukan BUMN yang menerima PMN untuk penguatan neraca transaksi berjalan sebesar Rp 1 triliun.

Baca juga: Pajak Penghasilan Dilonggarkan Jadi 20 Persen di 2021

Baca Juga  Tarif Listrik Tidak Naik, Pemerintah Jaga Daya Beli.

Tinggalkan Balasan

Bisnis Keluarga Bisa Bertahan Lama, 5 Kiat Ini Kuncinya!

fresh graduate pengangguran

Pengangguran Setelah Sarjana? Mungkin Ini Sebabnya! (Part 2)