in

Bukalapak PHK Ratusan Karyawan, Saham EMTK Anjlok

bukalapak

Harga Saham EMTK Turun

Salah satu Unicorn yang bergerak dibidang e-commerce, Bukalapak, dikabarkan telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada sejumlah karyawannya. Rupanya hal ini langsung berdampak pada kesehatan saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK). Hari ini, EMTK tercatat anjlok hingga Rp 900 (12,5%) ke level Rp 6.300.

Pada hari ini, Selasa (10/9), dikutip dari data RTI, saham EMTK tercatat ditransaksikan sebanyak 53 kali dengan nilai Rp 257,4 miliar. Saham EMTK, dibuka di level Rp 7.000 dan sempat jatuh hingga ke level Rp 6.050 pada siang tadi. Di samping itu, investor asing juga mencatatkan aksi jual bersih (Net Foreign Sell/NFS) hingga Rp 196,66 juta.

Baca juga: Menuai Pro-Kontra, Berikut Beragam Fakta Dibalik Penghentian Audisi Beasiswa PB Djarum! Part 2

Sebagai informasi tambahan, Bukalapak merupakan salah satu cucu perusahaan yang dikuasai oleh EMTK melalui anak usahanya, PT Kreatif Media Karya (KMK). KMK merupakan pemegang saham utama Bukalapak dengan porsi kepemilikan saham sebesar 35,17%. Sementara itu, EMTK sendiri memegang hampir seluruh porsi kepemilikan saham KMK atau sebesar 99,99%.

Baca Juga  Sambut Susunan Menteri Jokowi, Ini Deretan Saham Pilihan

Divisi yang ter-PHK

Bukalapak telah melakukan PHK sebagai salah satu langkah efisiensi dan restrukturisasi. Dikutip dari CNBCIndonesia, ada salah satu sumber yang menyatakan bahwa ada ratusan orang yang terkena PHK. Mereka sudah beberapa kali audiensi dengan manajemen di lokasi yang berbeda.

Selain itu, beberapa divisi yang menjadi ‘korban’ dari pemangkasan Bukalapak yaitu engineer, marketing, dan customer service. Namun, belum diketahui secara pasti berapa banyak karyawan yang terkena layoff.

Baca juga:  Aduh! Salah Satu BUMN Kertas Bangkrut, Berapa ya Utangnya?

Alasan Adanya PHK pada Sejumlah Karyawan

Menurut manajemen Bukalapak, langkah yang diambil ini merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Hal ini bertujuan utuk menjamin visi perusahaan untuk terus tumbuh sebagai e-commerce berkelanjutan dalam jangka panjang.

“Di skala perusahaan seperti ini tentunya kami perlu untuk menata diri dan mulai beroperasi layaknya perusahaan yang sudah dewasa atau bisa kami sebut sebagai a grown up company,” ujar Head of Corporate Communication Bukalapak Intan Wibisono, dikutip dari CNBCIndonesia.

Baca Juga  Harga Emas Rekor, Keuntungan Capai 15,8 Persen

“Yang jelas kami menata diri secara terbatas dan selektif supaya kami bisa fokus untuk bisa implementasi strategi bisnis jangka panjang,” jelas Intan.

Baca juga: Kinerja IDX30 Mengalami Penurunan, Berikut Saham yang Masih Mumpuni Untuk Dikoleksi

Tinggalkan Balasan

Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (Part 2)

Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (2)

kelebihan BPJS

Berikut Kelebihan & Kekurangan BPJS yang Perlu Anda Tahu!