in

Resmi! Cukai Tembakau Naik 23%, Harga Rokok Bakal Naik!

cukai rokok naik

Pemerintah resmi menetapkan kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) sebesar 23%. Keputusan ini diambil dalam rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/9/2019). Dengan kenaikan cukai inipun, harga jual eceran (HJE) pun akhirnya juga naik sekitar 35%.

Baca juga: Pajak dan Bea Cukai. Apa Perbedaanya?

Dilansir dari kompas.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa usulan kenaikan cukai tembakau sebesar 23% ini telah dibahas bersama dan mendapat pandangan dari Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menaker Hanif Dhakiri, hingga Wapres Jusuf Kalla (JK).

“Kita semua akhirnya memutuskan kenaikan cukai rokok ditetapkan sebesar 23 persen, dan kenaikan harga jual eceran 35 persen,” Jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Pemerintah mengambil kebijakan menaikkan CHT ini berdasarkan beberapa alasan. Salah satunya ialah mengendalikan konsumsi khususnya bagi kalangan perempuan dan anak-anak remaja, yang tercatat mengalami peningkatan cukai. Tercatat, ada tren peningkatan konsumsi dari kalangan perempuan menjadi 9% dari sebelumnya 7%. Sedangkan pada anak-anak remaja, tren pertumbuhannya menjadi 4,8% dari 2,5%.

Baca Juga  THR Bermasalah? Kemnaker Buka Posko Pengaduan

Baca juga: Inflasi Agustus 2019 Diangka 0,15 %, Ini Sebabnya!

“Memang ada tren yang perlu menjadi perhatian kita, pertama bahwa jumlah relevansi mereka yang mengisap rokok meningkat, baik dari sisi perempuan terutama dan anak-anak. Dari anak anak dan remaja naik dari 7 persen menjadi 9 persen, dari perempuan dari 2,5 persen menjadi 4,8 persen,” imbuh mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Selain itu, Sri Mulyani menambahkan bahwa kenaikan cukai ini  juga bertujuan untuk membasmi peredaran rokok ilegal atau rokok tanpa pita cukai yang dijual sangat murah. Keputusan inipun nantinya akan berlaku mulai 1 Januari 2020 mendatang dan akan ditetapkan dalam peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Baca juga: 4 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Rumah Baru

Tinggalkan Balasan

jenis index saham

Imbas dari Lesunya Ekonomi Global, Beberapa Emiten Turunkan Target IHSG

Istri yang Pandai Mengatur Keuangan, Istri Idaman

Istri yang Pandai Mengatur Keuangan, Istri Idaman