in

Ditunjuk Jadi Menhan, Prabowo Bakal Setir Dana Rp 127 T

prabowo subianto

Usai resmi dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia utuk yang kedua kalinya, Ir. Joko Widodo (Jokowi) kini tengah sibuk menyusun Kabinet Kerjanya yang baru. Kali ini ketua umum partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto, digadang-gadang akan menduduki posisi Mentri Pertahanan (Menhan) yang baru. Hal tersebut juga dibenarkan olehnya, saat ia ditemui pasca mendatangi Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Senin (21/10/2019).

“Saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan,” jelas Prabowo, dikutip dari Detik.com.

Kedatangan Prabowo menyusul sejumlah tokoh yang sebelumnya juga sudah bertemu langsung dengan Presiden Jokowi, seperti pendiri serta CEO Go-Jek Nadiem Makarim, Komisaris Utama PT Net Mediatama Televisi Wishnutama, pengusaha nasional Erick Thohir dan Mantan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Baca juga: Bos Gojek Indonesia Dipanggil Jokowi, Jadi Menteri Apa?

Akan Setir Anggaran Dana Rp 127 T

Kementerian Pertahanan di 2020 akan mendapatkan alokasi anggaran Rp 127,4 triliun dalam APBN 2020. Instansi ini menjadi kementerian yang paling besar mendapatkan anggaran tahun depan diikuti Kementerian PUPR dan Polri masing-masing Rp 120,2 triliun dan Rp 90,3 triliun.

Baca Juga  Suharso Monoarfa, Menteri PPN Berlatar Belakang Pengusaha

Mengutip Buku Himpunan RKAKL TA 2020 dari laman resmi Kementerian Keuangan, Senin (21/10/2019), alokasi anggaran Kemenhan untuk pengadaan alutsista dengan alokasi anggaran  sebesar Rp 14,53 triliun. Kemudian juga ada alokasi anggaran untuk pengembangan sarana dan prasarana matra darat Rp 1,2 triliun. Hal ini dibagi menjadi dana Pengembangan Sarana dan Prasarana Matra Darat sebesar Rp 1.253,0 miliar, antara lain diperuntukkan (a) Rumah Prajurit TNI AD sebanyak 1.110 Unit; (b) Pos Pamtas sebanyak 9 Pos; (c) Lanjutan pembangunan Divisi 3 (Kostrad, Kodam dan Yon Komposit).

Selanjutnya, juga ada anggaran yang dialokasikan untuk pengembangan sarana dan prasarana matra laut sebesar Rp 2 triliun untuk lanjutan pembangunan sarpras Koarmada III dan Pasmar-3 Sorong. Masih ada lagi alokasi untuk pemeliharaan/perawatan Alpung, KRI, Kal dan Ranpur/Rantis untuk 143 unit sebesar Rp 3,1 triliun dan pemeliharaan/perawatan pesawat udara, senjata & Almatsus lainnya untuk 228 pesawat sebesar Rp 5,1 triliun.

Jika nantinya Prabowo benar-benar akan duduk dikursi kabinet Jokowi yaitu di bidang pertahanan (Menhan), sudah pasti ia akan sepenuhnya menyetir anggaran pertahanan Negara ini. Iapun mengungkapkan bahwa ia sepenuhnya telah siap menerima amanat Presiden dan akan bekerja keras untuk mencapai sasaran.

Baca Juga  Begini Nasib Saham Perusahaan Erick Thohir Setelah Dia Ditunjuk Jadi Menteri

“Saya akan bekerja sekeras mungkin untuk mencapai sasaran dan harapan yang ditentukan,” jelas Prabowo lebh lanjut.

Baca juga: Wishnutama Terima Pinangan Jokowi Jadi Menteri, Gimana Kabar NET TV?

Tinggalkan Balasan

Nasib Saham perusahaan Erick Thohir

Begini Nasib Saham Perusahaan Erick Thohir Setelah Dia Ditunjuk Jadi Menteri

nasib gojek

Nadiem Bakal Jadi Menteri, Bagaimana Nasib GoJek?