in

Bu Susi Tak ada di Daftar Kabinet, Netizen: We Want Susi

Bu Susi tidak ada di Daftar Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah mengumumkan susunan menteri dalam kabinet yang akan membantunya menjalani roda pemerintahan periode 2019-2024. Mereka mengumumkan di Istana Negara, Rabu pagi (23/10). Namun dalam susunan nama kabinet Indonesia Maju tersebut tidak tercantum nama Susi Pudjiastuti.

Dalam pengumuman tersebut Menteri Kelautan dan Perikanan diemban oleh Edhy Prabowo, politisi dari partai Gerindra.

Tidak adanya nama Bu Susi menjadikan tagar #WeWantSUSI dan Bu Susi menjadi trending topik di lini masa Twitter. Warga net banyak yang mengeluhkan tidak dipilihnya kembali Bu Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Hingga saat ini, #WeWantSusi dan Bu Susi masih menjadi trending topic di twitter. #WeWantSusi telah dicuitkan sebanyak 57.300 kali, sementara Bu Susi sebanyak 14.800 cuitan.

“Bu Susi, tdk ada yg melirik sebelum di panggil jadi mentri pak Jokowi, banyak yg meragukan, namun 5 thn bekerja hasilnya sangat luar biasa dampaknya sampai ke dunia internasional, terima kasih atas dedikasi ibu.. Akan jd standar yg sulit dilewati menteri berikutnya. #WeWantSUSI” ujar akun bernama  @DIRA_0302.

Baca Juga  Sepekan Jokowi Dilantik Presiden, Dolar AS Bergerak Stabil

 

 

Sementara itu akun @AnakLolina mengaku sangan menantikan Bu Susi.

“#WeWantSusi  Kami sangat menantikan ibu @susipudjiastuti kembali hadir di Periode kedua pak @jokowi

Indonesia jadi negara terbesar pengeksport tuna di dunia krn bu Susi, yg sebelumnya seperti mimpi bagi negara kita.” tulisnya.

Alasan Bu Susi tidak ada di Daftar Kabinet

Sementara itu, dilansir dari Tagar.id, Peneliti dari Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Raharjo Jati menilai alasan Bu Susi tidak ada di Daftar Kabinet ada tiga kemungkinan.

Baca Juga  Sah! Nadiem Makarim jadi Mendikbud

“Pertama, tidak diangkat lagi jadi menteri, kedua dialihkan ke posisi lain, dan ketiga diangkat tapi sengaja tidak terekspose media,” ujar Wasisto dilansir dari  Tagar, Selasa, 22 Oktober 2019.

Jadi, sebenarnya belum bisa disimpulkan sampai waktu pengumuman yakni Rabu, 23 Oktober 2013. Tapi yang jelas Jokowi, kata dia tidak akan melepas para menterinya yang berprestasi selama lima tahun.

Kalau akhirnya Susi Pudjiastuti tidak dipanggil, menurut Wasisto mungkin ada tawaran posisi di lembaga-lembaga negara lain atau jadi menteri lagi ketika ada reshuffle kabinet.

“Saya pikir Jokowi punya pertimbangan-pertimbangan strategis soal itu. Mungkin bisa jadi menteri lagi ketika ada reshuffle kabinet nanti,” tuturnya.

Baca juga: Daftar Lengkap Nama Menteri Kabinet 2019-2024

Tinggalkan Balasan

nama menteri kabinet 2019-2024

Daftar Lengkap Nama Menteri Kabinet 2019-2024

FXCM – Broker Kelas Dunia yang Berhasil Bangkit dari Krisis dan Mulai Bersinar