in

Mulai dari Nol, Berikut Tugas Utama Nadiem Makariem dari Mantan Mendikbud Muhadjir Effendy

https://www.liputan6.com/tekno/read/4092873/nadiem-makarim-ditunjuk-jadi-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan

Salah satu wajah baru yang mengisi kabinet Indonesia Maju 2019-2024 yakni Nadiem Makarim. Pagi tadi, Jokowi telah menunjuk pendiri Gojek ini sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Nadiem yang didapuk menjadi mendikbud ini tentunya mengejutkan banyak kalangan. Pasalnya, ia memiliki latar belakang sebagai pebisnis start up yang mana erat kaitannya dengan ekonomi digital ataupun ekonomi kreatif.

Lelaki berumur 35 tahun ini tampaknya dipilih karena pemerintah perlu banyak terobosan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Sah! Nadiem Makarim jadi Mendikbud

4 PR Nadiem dari Muhadjir Effendy

Sebagai mantan mendikbud 2014-2019, Muhadjir Effendy, telah menitipkan setidaknya empat pekerjaan rumah (PR) pada menteri Nadiem.

“Empat program tersebut yakni program penguatan pendidikan karakter di sekolah, percepatan distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP), melanjutkan revitalisasi sekolah, dan memperluas zonasi sekolah,” ujar Muhadjir, dikutip dari Tempo.com.

Penguatan pendidikan karakter

Kurikulum 13 memang lebih menekankan pada pendidikan karakter pelajar. Program penguatan pendidikan karakter sendiri sudah dicetuskan sejak pertengahan 2016, terdapat lima nilai yakni religiusitas, nasionalisme, gotong royong, integritas, dan kemandirian.

Baca Juga  OJK Memotong Jam Perdagangan Selama Masa Darurat

Baca juga: Utang Negara Terus Bertambah, Sri Mulyani Harus Bagaimana?

Percepatan distribusi Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Tercatat bahwa pemerintah sudah menyalurkan bantuan Kartu Indonesia Pintar sejak 2014 hingga mencapai Rp45,2 triliun. Sebelum 2014, terdapat Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang hanya diberikan kepada tujuh juta siswa.

Namun, siswa yang menerima KIP sebanyak 18,9 juta setiap tahunnya. Siswa tersebut yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Melanjutkan revitalisasi sekolah

Kemudian untuk bagian ini, kemendikbud melakukan kerja sama SMK dengan dunia industri. Selain itu, juga dilakukan penyesuaian kurikulum SMK dengan industri, dengan harapan menyesuaikan dengan kebutuhan industri. Sebanyak 2.660 guru SMK juga telah dilatih untuk meningkatkan kompetensi di bidang vokasi.

Baca juga: Sri Mulyani Jadi Menkeu Ketiga Kalinya, Berikut Deretan Prestasinya

Memperluas zonasi sekolah

Kemendikbud telah membuat sebanyak 2.580 zona pendidikan. Hal ini dilakukan untuk menyelesaikan beberapa persoalan pendidikan. Yakni mulai dari peningkatan kualitas pendidikan, kualitas guru hingga pemerataan distribusi guru berbasiskan zonasi.

“Saya berharap program-program itu terus dilanjutkan pada periode berikutnya,” tegas Muhadjir Effendy, dikutip dari Tempo.com.

Baca Juga  Harga Emas Naik, Peluang Tembus Rp900.000/Gram

Tinggalkan Balasan

cukai rokok naik

Cukai Rokok Resmi Naik, Begini Rinciannya!

https://www.liputan6.com/tekno/read/4092873/nadiem-makarim-ditunjuk-jadi-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan

Gebrakan Baru yang Dijanjikan Mendikbud Nadiem