in

Gebrakan Baru yang Dijanjikan Mendikbud Nadiem

https://www.liputan6.com/tekno/read/4092873/nadiem-makarim-ditunjuk-jadi-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan

Nadiem Makarim sudah sah jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) menggantikan Muhadjir Effendy. Meskipun memulai dari awal dan perlu banyak belajar, Mendikbud Nadiem janjikan inovasi untuk dunia pendidikan. Kira-kira apa ya gebrakan baru dari menteri Nadiem?

Baca juga: Mulai dari Nol, Berikut Tugas Utama Nadiem Makariem dari Mantan Mendikbud Muhadjir Effendy

Perubahan nomenklatur kementerian

Pada Kabinet Indonesia Maju, presiden Joko Widodo melakukan perombakan dengan mengubah sejumlah nomenklatur (tata nama) kementerian. Salah satunya adalah sektor pendidikan tinggi yang kembali dipisah dari Kementerian Riset dan Teknologi.

Urusan Dikti akan kembali masuk di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Dikti ada di bawah kementerian pendidikan dan kebudayaan,” ujar Jokowi, dikutip dari Kontan.

Seperti yang sudah diumumkan, Nadiem menduduki kursi menteri pendidikan dan budaya (mendikbud). Yang mana tugasnya menjadi berat, tapi menurutnya penggabungan urusan pendidikan tinggi di Kemendikbud sesuatu yang baik.

“Bukan hanya Mendikbud yang tradisional tapi juga digabung dengan dikti, itu semua terintegrated, tapi itu baik, itu berita baik, karena semua strategi akan terpadu,” terang Nadiem, dikutip dari Kontan.

Baca Juga  Masuk dalam Kabinet Kerja Jilid 2, Inilah Profil Nadiem Makarim si Pendiri GoJek

Baca juga: Utang Negara Terus Bertambah, Sri Mulyani Harus Bagaimana?

Gebrakan dari menteri Nadiem

Menteri termuda ini juga menjelaskan bahwa dalam sektor pendidikan, Indonesia memiliki banyak tantangan ke depannya. Bahkan disebutkan belum ada perubahan besar di sektor pendidikan selama 20 hingga 30 tahun terakhir.

Untuk menunjukkan kinerjanya selama lima tahun ke depan, Nadiem menjanjikan akan melakukan berbagai inovasi. Inovasi berkaitan untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi di masa depan.

Menurut pendiri startup Decacorn ini, dunia pendidikan ke depan diyakini akan berubah dan dinamis. Selain itu, ia juga bilang akan menghubungkan apa yang dilakukan di dunia pendidikan dengan yang di luar pendidikan.

Baca juga: Wishnutama Terima Pinangan Jokowi Jadi Menteri, Gimana Kabar NET TV?

 

Tinggalkan Balasan

https://www.liputan6.com/tekno/read/4092873/nadiem-makarim-ditunjuk-jadi-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan

Mulai dari Nol, Berikut Tugas Utama Nadiem Makariem dari Mantan Mendikbud Muhadjir Effendy

nama menteri kabinet 2019-2024

Gaji Menteri Kabinet Indonesia Maju Lebih Kecil Dibanding Gaji DPR?