in

Sri Mulyani Kejar Pajak Netflix dan Spotify

saham netflix mengalami penurunan

Menteri keuangan Indonesia Sri Mulyani rupanya memperhatikan perusahaan digital yang berbasis di luar negeri, tapi berjualan di Indonesia.  Ia ingin mnarik pajak pada Netflix dan Spotify. Netflix merupakan layanan video on demand yang menyediakan film favorit dan terkini. Sedangkan Spotify merupakan layanan penyedia lagu-lagu.

Baca juga: Pernah Kehilangan Pelanggan, Saham Netflix Mengalami Kemerosotan

Terhalang karena tidak ada UU

Sri Mulyani menuturkan bahwa tagihan pajak ini semata-mata berhubungan dengan iklim investasi yang adil. Sementara Sri Mulyani juga menyebut siap mengkalkulasi lagi soal denda pajak bagi para pengemplang. Namun, juga memastikan bahwa dendanya tidak mematikan.

“Income banyak Netflix, Spotify, mereka tak punya perusahaan di sini. Tidak akan bisa mungut pajak karena mereka nggak punya BUT [Bentuk Usaha Tetap]. Kita ingin dalam UU itu, revenue kalian dapat dari sini, maka pajak harus dibayar di sini,” tutur Sri Mulyani, dikutip dari CNBCIndonesia.

Sri Mulyani sebelumnya telah menjelaskan bahwa pajak Netflix, Spotify, dan perusahaan digital lainnya merupakan pekerjaan rumah Indonesia. Pasalnya perusahaan-perusahaan ini belum memiliki kantor fisik (permanen establishment) atau Badan Usaha Tetap (BUT).

Baca Juga  Pajak dan Bea Cukai. Apa Perbedaanya?

Baca juga: Mengapa Negara-Negara Ini Membuang Dolar AS?

Tidak ada BUT ini membuat pengumpulan penerimaan perpajakan menjadi terhalang oleh undang-undang Indonesia sendiri.

“Oleh karena itu dalam undang-undang yang kita usulkan selesai bahwa konsep mengenai ekonomi digital tidak memiliki BUT tetapi aktifitasnya banyak seperti yang saya sebutkan, maka mereka memiliki kehadiran ekonomis yang signifikan atau economy present yang signifikan. Oleh karena itu wajib membayar Pajak,” jelas Sri Mulyani, dikutip dari CNBCIndonesia.

Meniru negara tetangga

Sri Mulyani juga menjelaskan bahwa negara tetangga sudah menerapkan aturan sendiri yang dinamai dengan Netflix Tax. Negara tersebut yakni Australia dan Singapura.

“Jadi pasti kita akan bersungguh-sungguh dengan melihat volume aktifitasnya di sini meskipun belum ada undang-undangnya, tapi kami akan cari cara untuk tetap mendapatkan hak perpajakan kita,” tambah Sri Mulyani.

Baca juga: Riwayat BPJS yang Tak Kunjung Sehat

Tinggalkan Balasan

saham netflix mengalami penurunan

Pernah Kehilangan Pelanggan, Saham Netflix Mengalami Kemerosotan

Strategi Pemasaran untuk Kesuksesan Bisnis Anda