in

IHSG Menguat, Pengaruh Penurunan KUR?

IHSG menguat

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramalkan akan menguat pada perdagangan Rabu (13/11). Namun, kenaikannya cenderung terbatas di tengah ketidakpastian global.

IHSG menguat pada perdagangan Selasa (12/11). Indeks ditutup di level 6.180 naik 32,25 poin atau 0,52 persen.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan IHSG berpeluang menguat. Ia memperkirakan indeks saham akan melaju di rentang support 6.125 dan resistance 6.210.

“Kami perkirakan IHSG akan melanjutkan penguatannya,” kata Nafi Dilansir dari CNN

Lanjar Nafi juga mengatakan bahwapenurunan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi katalis positif dari dalam negeri. Pemerintah memangkas bunga KUR dari semula 7 persen menjadi 6 persen per tahun.

“Ini dalam rangka mempercepat pengembangan usaha mikro kecil dan menengah,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, pemerintah memutuskan untuk kembali memangkas suku bunga KUR dari 7 persen menjadi 6 persen yang efektif mulai 1 Januari 2020. Kebijakan ini diharapkan mempercepat pertumbuhan UMKM sejalan dengan akan diterbitkannya RUU Cipta Lapangan Kerja.

Penurunan bunga KUR juga diikuti dengan kenaikan plafon KUR dari Rp140 triliun pada 2019 menjadi Rp190 triliun pada 2020. Plafon KUR akan ditingkatkan bertahap hingga Rp325 triliun pada 2024.

Baca Juga  IHSG Pecahkan Rekor di Perdagangan Kemarin

Sementara itu, plafon untuk KUR mikro ikut ditingkatkan dari Rp25 juta menjadi Rp50 juta per debitur.  Adapun, plafon KUR perdagangan yang semula Rp100 juta naik menjadi Rp200 juta. Sedangkan KUR mikro sektor produksi tidak dibatasi.

Tinggalkan Balasan

5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Trader Harian

Langkah agar Perusahaan Go Public

4 Langkah agar Perusahaan Go Public. Apa Saja?