in

Ahok Sudah Sah Jadi Komisaris Utama Pertamina

Ahok Komisaris Utama Pertamina

Erick Thohir, menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menetapkan bahwa Basuki Tjahaja Purnama atau lebih dikenal denan Ahok akan menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina. Ia akan ditetapkan pada Senin (25/11/2019) mendatang saat dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Alasan Erick Mengangkat Ahok Menjadi Komisaris Utama

Erick juga menjelaskan alasannya mengangkat Ahok dikarenakan figurnya yang tepat sebagai Komisaris Utama.
“Kami perlu figur pendobrak supaya sesuai target. Toh beliau itu komisaris utama. Kan direksinya yang day to day. Tapi (Ahok) yang menjaga,” ujar Erick, dikutip dari CNNIndonesia.

Kerja Tim yang Besar dalam Pertamina

selain itu, Erick juga menjelaskan Ahok akan didampingi oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi selain Sadikin yang merangkap jadi Wakil Komisaris Utama Pertamina.

“Apalagi didampingi Pak Wamen. Juga bagian terpenting target Pertamina seperti bagaimana kurangi impor migas harus tercapai,” tambah Erick.

Erick juga menegaskan bukan berarti dirinya anti impor, tetapi bagaimana mengurangi proses refinery yang sangat besar.

Baca Juga  Pajak Penghasilan Dilonggarkan Jadi 20 Persen di 2021

“Saya butuh kerja tim yang besar. Tidak hanya dirut saja. Harus bagi tugas semua. Karena itu saya butuh figur yang pendobrak. Bukan marah-marah,” tegas Erick.

Apakah tugas utama Ahok sebagai Komisaris Utama?

Dikutip dari Kompas.com, berdasarkan Laporan Tahunan 2018 PT Pertamina (Persero), jajaran Dewan Komisaris, termasuk komisaris utama memiliki fungsi pengawasan secara umum dan/atau khusus. Hal ini sesuai dengan Anggaran Dasar serta memberikan arahan kepada Direksi dalam menjalankan kepengurusan perusahaan.

Secara terperinci pengawasan itu meliputi kebijakan pengelolaan perusahaan, pelaksanaan rencana jangka panjang, rencana kerja dan anggaran, ketentuan Anggaran Dasar dan keputusan RUPS, peraturan perundangan yang berlaku, dan memberikan saran kepada Direksi.

Baca juga: Ahok Bakal Jadi Bos Pertamina, Apa saja Tugasnya?

Tinggalkan Balasan

Triangular Moving Average (TMA) untuk Kesuksesan Trading Anda

candlestick chart

Apa itu Candlestick Chart? Bagaimana cara Menggunakannya?