in

Dampak 6 Produk Reksa Dana Minna Padi yang Dibubarkan OJK Terhadap IHSG

Ragam Investasi

Dunia investasi Indonesia baru saja diramaikan dengan tindakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang membubarkan 6 produk reksa dana Minna Padi. Total nilai dana kelolaan enam reksa dana Minna Padi mencapai sekitar Rp 6 triliun.

Baca juga: Dirjen Pajak Siap Menagih Youtuber yang Pamer Saldo Rekening

Produk RD Minna Padi

6 produk yang dibubarkan oleh OJK yakni meliputi Reksa Dana Minna Padi Pringgodani Saham, Reksadana Minna Padi Pasopati Saham, Reksa Dana Syariah Minna Padi Amanah Saham Syariah, Reksa Dana Minna Padi Property Plus, Reksa Dana Padi Keraton II, dan Reksa Dana Minna Padi Hastinaputra Saham.

Sementara itu saham-saham yang dikelola oleh Minna Padi Paospati Saham ada banyak dan merupakan saham yang bagus. Seperti PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT), dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk ( BJTM).

Selanjutnya beberapa saham yang terdapat dalam Minna Padi Pringgodani Saham pun juga tak laha bagusnya. Yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), serta PT Wijaya Karya (WIKA).

Baca Juga  Rupiah Menguat Akibat Sentimen dari Barat

Baca juga: Lagi-Lagi Investasi Bodong Binomo Tidak Jera, Masih Saja Buat Situs Baru

Pengaruh terhadap IHSG

Hans Kwee, Direktur Investa Saran Mandiri, mengatakan bahwa dalam portofolio Minna Padi merupakan saham-saham yang memiliki fundamental bagus. Selaras dengan pandangan tersebut, ia memprediksi hal ini akan membuat pasar saham tertekan dalam beberapa waktu ke depan. Pasalnya Minna Padi akan melepas saham-saham tersebut.

“Aturannya kan kalau dibubarkan, berarti dalam waktu 60 hari kerja Minna Padi melakukan penjualan. Fund manager akan menjual sahamnya (Minna Padi), kemudian sulit bagi indeks untuk naik dalam waktu dekat ini, ya minimal Desember sampai Januari mungkin agak tertekan,” jelas Hans, dikutip dari Kontan.co.id.

Bisa diprediksi dengan adanya pembubaran produk itu, bakal berdampak terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang berpeluang terkoreksi cukup dalam. Namun hal itu juga bukan satu-satunya (Minna Padi) sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG.

Baca juga: Ahok Sudah Sah Jadi Komisaris Utama Pertamina

Tinggalkan Balasan

sertifikat halal

Biaya Pembuatan Sertifikat Halal

keuangan para milenial

Tindakan yang Tepat Untuk Investor Ketika Reksa dana Ditutup