in

Mengenal Penerus Bisnis Imperium Ciputra: ‘Konstitusi Keluarga’

profil Ciputra
source of picture: Okezone News

Pengusaha sukses properti Ir. Ciputra, yang telah meninggal dunia di usia 88 tahun juga meninggalkan bisnis yang membesar di bawah jaringan Grup Ciputra.

Baca juga: Pernah Hidup Susah Hingga Punya Harta Triliunan, Ini Dia Profil Pengusaha Sukses Almarhum Ciputra

Ciputra Group

Pendiri Grup Ciputra yang akrab dipanggal Pak Ci ini memulai bisnisnya pada tahun 1981. Grup Ciputra yang dia rintis merupakan perusahaan pengembang perumahan skala besar. Setelah tiga dekade, bisnisnya jadi grup korporasi besar dengan 13 bidang usaha, yakni pengembang perumahan, perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, apartemen, fasilitas rekreasi, pendidikan, kesehatan, agrikultur, telekomunikasi, pusat kesenian, perkebunan, media, telekomunikasi dan informasi digital.

Selain jago memulai bisnis baru, Ciputra juga pandai mempertahankan dan memikirkan keberlanjutan bisnis imperiumnya. Jauh-jauh hari sebelum tutup usia, pria kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931 itu sudah mempersiapkan transisi dan regenerasi.

Konstitusi Keluarga Ciputra

Berpegang pada nasihat konsultan manajemen ternama, Grup Ciputra menyusun ‘konstitusi keluarga’. Salah satunya dengan membentuk empat subholding bisnis sesuai dengan jumlah anaknya.

Baca Juga  Bursa Saham Asia Membaik Hari Ini

Pak Ci meregenerasi bisnisnya dengan melibatkan istri, anak dan menantu serta cucunya dalam Grup Ciputra. Dari tangan Ciputra, dia memberikan kendali kepada generasi keduanya yang telah dia bekali dengan pendidikan tinggi dari universitas ternama dunia.

Baca juga: Penjualan Xiaomi Melemah, Huawei Menguat

Selanjutnya, pada tahun 2000-an, saat generasi kedua masih memegang kendali usaha, yakni 4 anak dan 4 menantu Ciputra. Kemudian, peralihan kepemimpinan kepada generasi ketiga mulai dipersiapkan dengan melibatkan para cucu dalam bagian pengembangan bisnis.

Rina Ciputra, putri perta Pak Ci, membeberkan salah satu prinsip yang selalu dijaga turun temurun dalam mengembangkan bisnis keluarganya. Yakni mengutamakan kejujuran dan integritas. Hal itulah yang kemudian diterapkan dalam menjalankan bisnis Grup Ciputra yakni berdasarkan tiga pilar filosofi, yaitu Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneursip.

Dikutip dari Bisnis.com, Berikut ini generasi penerus yang punya andil dan posisi dalam manajemen grup Ciputra:

1. Dian Sumeler

Posisi President Commissioner masih dijabat oleh Ciputra sendiri. Adapun Dian Sumeler, istri Ciputra, menjabat sebagai komisioner CTRA sejak 1984.

Baca Juga  Dukung UMKM, Dana Pemerintah Masih Rp48 T

2. Rina Ciputra Sastrawinata dan Budiarsa Sastrawinata

Putri pertama Ciputra ini membantu mengembangkan jaringan bisnis Ciputra di bidang properti dan bidang kesenian. Selain mengurusi CTRA dan menjabat sebagai komisioner, Rina juga membesarkan Ciputra Artpreneur Center, pusat kesenian yang berlokasi di Ciputra World 1, Jakarta.

Anak-anak Rina, generasi ketiga Ciputra, ikut terlibat aktif dalam jejaring bisnis Pak Ci di berbagai bidang.

Baca juga: CrazyRichSurabayan Mengungkap Gagalnya MatahariMall.com

3. Junita Ciputra dan Harun Hajadi

dia diangkat sebagai direktur dan menjadi komisaris pada 1996, berlanjut hingga saat ini.

Sama seperti kakaknya, Junita juga menjabat sebagai komisaris dan direktur di beberapa perusahaan dalam Grup Ciputra.

Sementara itu, suami Junita, Harun Hajadi diangkat menjadi direktur perusahaan CTRA sejak 1994. Harun juga sempat diangkat Direktur PT Ciputra Wijaya Tbk. pada 1990.

4. Candra Ciputra dan Sandra Hendharto

Candra diangkat sebagai Presiden Direktur CTRA sejak 2002. Selain itu, dia juga memimpin beberapa anak perusahaan di antaranya sebagai Komisaris Utama PT Metrodata Electronics Tbk., Direktur Utama PT Ciputra Property, dan Direktur Utama Ciputra Surya.

Baca Juga  Pertamina Berikan Kompensasi Kepada Nelayan Pantai Karawang

Sementara itu, Sandra Hendharto, menantu perempuan Ciputra menjabat sebagai komisioner di CTRA. Setelah itu pada tahun 1994-2001, Sandra menjadi komisaris CTRA sampai sekarang.

5. Cakra Ciputra

Dia diangkat sebagai Direktur Utama CTRA sejak 1991 dan juga menjabat sebagai Direktur di PT Ciputra Surya Tbk. sejak 1990.

Baca juga: Bitcoin di Mata Warren Buffet Seperti Racun Tikus

Tinggalkan Balasan

penjualan xiaomi menurun

Penjualan Xiaomi Melemah, Huawei Menguat

REVIEW BROKER: XM (XM Global Limited)

REVIEW BROKER: XM (XM Global Limited)