in

3 Perusahaan Besar yang Tutup Toko Gegara Corona

starbucks tutup karena virus corona
(C) shutterstock

Virus corona telah menewaskan lebih dari 200 orang di China hingga hari ini (31/01). Hal ini memicu alarm di seluruh dunia dengan perusahaan-perusahaan menutup toko-toko di negara berpenduduk paling padat di dunia tersebut. Berikut ini adalah prusuhaan yang menutup toko di China:

1. IKEA

Perusahaan furnitur raksasa Swedia, Ikea hari Rabu (29/1) mengatakan untuk sementara waktu telah menutup separuh dari 30 toko di China daratan sampai pemberitahuan lebih lanjut di tengah kekhawatiran atas virus baru corona yang mematikan.

“Menanggapi seruan pemerintah China untuk pengendalian penyakit secara ketat dan efektif, Ikea Retail China untuk sementara waktu akan menutup sekitar separuh dari tokonya di China daratan sampai pemberitahuan lebih lanjut, efektif mulai 29 Januari,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

2. Google

Anak Alphabet Inc, Google, pada Rabu mengatakan untuk sementara waktu menutup semua kantornya di China karena merebaknya virus corona jenis baru di negara itu, dilansir dari Reuters, Kamis (30/1/2020).

Penutupan ini mencakup semua kantor di daratan China, Hong Kong, dan Taiwan.

Baca Juga  Trading Bisa di Mana pun Tanpa Khawatir Virus Corona

3. Starbucks

Starbucks dikatakan telah menutup setengah dari total 4.300 gerai di China. Presiden Internasional Starbucks John Culver mengatakan selama akhir pekan perusahaan telah menutup toko dan menunda layanan pengiriman di Kota asal Virus corona, Wuhan dan Provinsi Hubei.

“Sehubungan dengan penyebaran wabah tersebut, kami memangkas jam operasional toko kami di pasar. Ini diharapkan bersifat sementara,” ujar John dilansir di CNN Business

Makapai Batalkan Penerbangan ke China

Tak hanya toko yang tutup, maskapai penerbangan juga membatalkan perjalanan ke negeri tirai bambu tersebut.

Grup perusahaan Lufthansa, salah satu perusahaan penerbangan terbesar di Eropa, mengatakan keputusan itu juga berlaku untuk penerbangan yang dijalankan oleh anak perusahaannya, Swiss dan Austrian Airlines.

Lufthansa hari Rabu mengatakan pihaknya membatalkan semua penerbangan ke China daratan sampai 9 Februari, karena meningkatnya kekhawatiran akan virus corona yang mematikan itu.

Pertumbuhan ekonomi turun

Pada 2003 lalu, wabah SARS memangkas PDB China pada 2004 – atau setahun setelah wabah berlalu – hingga 1 persen. Wabah tersebut sekaligus mengurangi angka pertumbuhan ekonomi global hingga sebesar 0,3 persen.

Baca Juga  Bukan Hanya Pariwisata, Sektor Pertanian Juga Merugi Karena Virus Corona

Meskipun perekonomian China kini jauh lebih kuat dibanding 17 tahun lalu, penasihat senior dan kepala wali amanat dalam bidang Ekonomi dan Bisnis China di CSIS, Scott Kennedy, memperkirakan penurunan besar kegiatan ekonomi dalam waktu dua minggu sekalipun, dapat memangkas PDB hingga AS$380 miliar pada tahun mendatang

 

REVIEW BROKER: Mahadana Asta Berjangka

Keuntungan Trading di Broker Mahadana Asta Berjangka

Sering disingkat juga sebagai MA, Moving Average adalah indikator analisis teknikal yang paling sering digunakan karena bisa dibilang paling sederhana dibandingkan indikator lainnya.

Benarkah Forex Bisnis Investasi Unik?