in , ,

Rupiah Merosot Sedikit Pagi Ini ke Rp.14.125

Rupiah Tembus Rp15.000
Photo by EmAji on Pixabay

Pagi ini nilai tukar rupiah merosot 0,09% ke Rp14.125 per dolar AS di perdagangan pasar spot, Kamis 5 Maret 2020. Sebelumnya, rupiah ada pada posisi Rp.14.112 per dolar AS sewaktu penutupan pasar, Rabu (4/3).

Hampir seluruh mata uang di zona Asia mengalami penguatan terhadap dolar AS. Yen Jepang dan dolar Hong Kong mengalami penguatan yang cukup tipis, yaitu sekitar 0,01%. Won Korea mengalami penguatan sebesar 0,13% dan ringgit Malaysia mengalami penguatan yang cukup signifikan, yaitu 0,25%.

Di waktu yang bersamaan, ada beberapa negara yang mengalami pelemahan terhadap dolar AS. Dolar Singapura mengalami pelemahan terhadap dolar AS sejumlah 0,01%. poundsterling Inggris juga mengalama penurunan tipis sebesar 0,01%. Pun dolar Kanada dan dolar Australia juga menurun dengan nilai 0,07% dan 0,12%. Sedangkan lira Turki mengalami penurunan yang lebih besar daripada Singapura dan Inggris, yaitu sebesar 0,09%.

Sementara itu, euro mengalami penguatan tipis sebesar 0,06% terhadap dolar AS. Menurut Analis Muhammad Nafan Aji Gusta Utama rupiah memiliki kemungkinan untuk menguat kembali. Alasan mengapa rupiah bisa menguat kembali karena adanya sentimen global dan domestik yang menjurus ke arah positif.

Baca Juga  Rupiah Kembali Menguat di Perdagangan 11/3/2020

Untuk faktor sentimen global, rupiah memperoleh kekuatan lebih berkat penurunan suku bunga acuan sebesar 50 poin yang telah diimplementasikan The Fed. Menurut Nafan yang dilansir oleh CNNindonesia.com, hal tersebut bisa saja menjadi dimulainya era penurunan suku bunga acuan. Bank Sentral negara-negara dunia seperti AS, Australia, Kanada mungkin akan mulai menurunkan suku bunga acuan, tutur Nafan.

Sedangkan untuk faktor sentimen doemstik, Nafan menegaskan bahwa dorongan positif berasal dari faktor stabilitas fundamental makroekonomi domestik. Nafan juga memprediksi bahwa dengan sentimen tersebut rupiah memiliki kemungkinan untuk bergerak ke arah Rp14.035 hingga Rp14.196 per dolar AS di hari ini. Secara teknis kemungkinan rupiah merosot masih kecil, sedangkan penguatan terhadap dolar AS masih ada potensi.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 05 Maret 2020

Tarif Listrik Tidak Naik

Tarif Listrik Tidak Naik, Pemerintah Jaga Daya Beli.