in , ,

Rupiah Kembali Menguat di Perdagangan 11/3/2020

Rupiah Tembus Rp15.000
Photo by EmAji on Pixabay

Rupiah kembali menguat di posisi Rp14.335 per dolar AS. Rupiah mengalami penguatan sejumlah 0,12 persen di perdagangan pasar spot pada hari ini Rabu, 11/3/2020. Pada perdagangan kemarin, Selasa 10/3, rupiah ada di posisi Rp14.352 per dolar AS.

Pada pagi ini hari ini, di zona negara maju, banyak nilai tukar yang mengalami pelemahan terhadap dolar AS. Dolar Kanada dan dolar Australia melemah terhadap dolar AS sebesar 0,1 persen dan 0,19 persen. Poundsterling Inggris ada di posisi yang sama seperti perdagangan sebelumnya. Sedangkan euro mengalami penguatan terhadap dolar AS sejumlah 0,38 persen.

Di sisi lain, banyak mata uang di zona Asia mengalami pelemahan terhadap dolar AS. Dolar Hong Kong dan baht Thailand mengalami pelemahan tipis, masing-masing 0,01 persen dan 0,03 persen. Sedangkan Malaysia dan Turki mengalami pelemahan yang lebih besar. Ringgit Malaysia mengalami pelemahan sejumlah 0,21 persen dan lira Turki merosot 0,24 persen.

Namun, ada pula beberapa negara yang mengalami penguatan terhadap dolar AS. Peso Filipina  dan won Korea mengalami penguatan tipis masing-masing sebesar 0,12 persen dan 0,22 persen. Yen Jepang mengalami penguatan yang cukup tinggi yaitu 0,72 persen terhadap dolar AS.

Baca Juga  Membutuhkan Dana untuk Memulai, Dari Mana Asal Modal Pebisnis? (Part 2)

Analis dari Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama mengatakan bahwa penguatan ini terjadi karenanya adanya sentimen positif pasar. Sentimen positif yang dimaksud adalah adanya izin untuk perusahaan melakukan buyback saham. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengizinkan melakukan buyback untuk menanggapi pertumbuhan pasar saham yang sedang mengalami penurunan sejak Senin (9/3).

Selain itu, Nafan juga menjelaskan bahwa prediksi data inflasi AS yang mengalami pemerosotan juga menjadi faktor positif rupiah kembali menguat. Dalam data tersebut ditunjukkan bahwa inflasi bulanan AS ke posisi 0,0 persen dari posisi sebelumnya yaitu 0,1 persen. Nafan juga berkata bahwa rupiah akan melaju melemah di zona Rp14.230 hingga Rp14.420 per dolar AS hari ini.

 

IHSG Diperkirakan Melonjak

IHSG Diperkirakan Melonjak Akibat Kelonggaran Buyback

Jenis Akun Trading Tickmill

3 Jenis Akun Trading Tickmill