in

Corona Mendunia, The Fed Pangkas Bunga Acuan Menjadi 0 Persen

The Fed Pangkas Bunga Acuan Menjadi 0 Persen demi mendorong ekonomi di tengah penyebaran virus corona
The fed (C)shutterstock

The Federal Reserve (The Fed) pangkas suku bunga menjadi 0 persen. Bank sentral Amerika Serikat (AS) mengambil langkah ini demi mendorong ekonomi di tengah penyebaran virus corona.

Pekan lalu, The Fed juga menurunkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (bps) ke kisaran 1 persen-1,25 persen. Hal itu merupakan langkah darurat pertama bank sentral dalam menjaga ekonomi AS setelah virus corona mewabah.

Mengutip AFP, pihak The Fed menyatakan suku bunga yang rendah diharapkan dapat menarik lagi kepercayaan pasar, sehingga kinerja sektor keuangan tetap terjaga. Selain memangkas suku bunga acuan, The Fed juga mengucurkan dana untuk membeli sejumlah instrumen yang diterbitkan perbankan.

The Fed berharap perbankan dapat membantu industri dengan intervensi tersebut. Tak hanya itu, The Fed juga menghapus persyaratan cadangan perbankan.

Dengan demikian, manajemen bisa menggunakannya untuk kegiatan operasional perusahaan. “Tindakan ini menghilangkan persyaratan untuk ribuan lembaga penyimpanan dan akan membantu mendukung pinjaman kepada rumah tangga dan bisnis,” kata pihak The Fed, Senin (16/3).

Baca Juga  Karena Virus Corona, Dolar Tergelincir Terhadap Safe Haven

The Fed juga akan membeli surat utang pemerintah AS sebesar US$500 miliar dalam beberapa bulan ke depan. Lalu, meningkatkan kepemilikan di sekuritas sebesar US$200 miliar.

Semua kebijakan ini merupakan hasil koordinasi The Fed dengan bank sentral lain. Bank sentral AS melakukan koordinasi dengan bank sentral Eropa, Inggris, Jepang, dan Swiss.

Sebelumnya, bank-bank sentral utama mengumumkan bakal ada tindakan terkoordinasi untuk menjaga likuiditas tetap mengalir.

Hal ini diutarakan Bank Sentral Eropa, ketika pandemi corona menimbulkan kekacauan ekonomi global.

“Bank Kanada, Bank Inggris, Bank Jepang, Bank Eropa, Federal Reserve dan Bank Nasional Swiss hari ini mengumumkan tindakan terkoordinasi untuk meningkatkan penyediaan likuiditas melalui jalur pengatutan SWAP likuiditas dolar AS,” kata ECB dikutip AFP.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 16 Maret 2020

Rekomendasi Pasangan GBP/USD 16 – 20 Maret 2020

Rekomendasi Pasangan GBP/USD 16 – 20 Maret 2020