in , ,

Terlemah dalam Sejarah, Rupiah Tembus Rp15.400/US$

rupiah terkuat di asia

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) makin mengalami pelemahan di perdagangan pasar spot pagi ini Kamis (19/3). Rupiah sudah tembus Rp15.400 di perdagangan pagi ini. Faktor penyebab terjadi pemerosotan ini adalah investor masih enggan mengambil risiko dalam perdagangan kali ini. Hal ini dapat terlihat dari Wall Street yang lagi-lagi mengalami terjun bebas.

Pada Kamis (19/3), US$ 1 dihargai Rp 15.280 di saat pembukaan pasar spot. Rupiah mengalami pemerosotan sejumlah 0,53 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan kemarin.

Selanjutnya, nilai rupiah makin melemah. Pada pukul 08.04 WIB, Rupiah sudah tembus Rp15.400 terhadap dolar AS atau merosot sebanyak 1,32 persen. Rupiah ada di titik terlemah sepanjang sejarah, dihitung dari level penutupan pasar.

Rupiah sudah mengalami pelemahan yang cukup luar biasa dalam beberapa hari terakhir. Kemarin, Rabu (18/3) rupiah menutup perdagangan pasar spot dengan tergelincir sejumlah 0,26 persen terhadap dolar AS.  Dalam sebulan terakhir, rupiah sudah terjun bebas sebanyak 11,27 persen. Sedangkan dalam year-to-date mata uang Garuda ini mengalami depresiasi sebanyak 9,51 persen.

Baca Juga  Rumuskan Tiket Pesawat-Hotel, Menhub Pastikan Tidak ada yang Dirugikan

Hal ini terjadi karena investor masih enggan melakukan investasi terhadap aset-aset yang berisiko tinggi. Hal ini dapat dilihat dari bursa saham Wall Street. Dini hari waktu Indonesia tadi, nilai indeks utama Wall Street merosot tajam.  indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) jatuh bebas sebanyak 6,3 persen, S&P 500 tergelincir 5,18 persen, dan Nasdaq Composite tersepak sebanyak 4,7 persen.

Faktor utama penyebab hal ini terjadi adalah pandemi virus Corona yang masih belum saja usai. Menurut data yang dilansir dari worldometers, sudah terjadi 218.997 kasus virus Corona di seluruh penjuru dunia. Korban jiwa yang direnggut oleh virus ini ada 8.953 korban. Di sisi lain, korban yang sudah sembuh dari virus ini juga sudah cukup banyak, yaitu 84.795 orang.

 

 

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 18 Maret 2020

IHSG menguat

Proyeksi IHSG Rebound Nol, Berikut Opsi Saham Hari Ini