in

Pilihan Saham Menarik Untuk Hari Ini (20/3)

Bursa saham Asi menghijau
picture by Geralt on Pixabay

Tekanan di pasar keuangan Indonesia semakin mengalami penguatan setelah munculnya kabar tentang jumlah pasien terinfeksi positif virus Corona. Di Indonesia sendiri, jumlah pasien terus bertambah sampai 308 orang dan 25 korban jiwa. Hal ini membuat sekuritas harus bisa memilih dan memilah pilihan saham yang menarik untuk investor.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga mengalami tekanan dari pasar yang cukup kuat. Pada perdagangan kemarin, Kamis (19/3), IHSG masih K.O. di zona merah. IHSG ditutup dalam keadaan tergelincir sebanyak 5,2 persen dan bertengger di posisi 4.105,42.

Bursa Saham Indonesia (BEI) juga harus menghentikan perdagangan sementara (trading halt) setelah terjadi pemerosotan terhadap nilai IHSG sebanyak 5 persen. IHSG memiliki kinerja terburuk ke 3 se Asia setelah Filipina dan Korea Selatan. Jika dilihat dari perhitungan year to date, IHSG jatuh bebas sebanyak 35 persen.

Berikut adalah pilihan saham yang menarik menurut broker untuk perdagangan hari ini.

Pilihan Saham yang Menarik untuk Jumat (20/3)

  • Panin Sekuritas. Menurut sekuritas ini, pemotongan suku bunga yang diberikan Bank Indonesia (BI) belum mampu menahan penurunan di pasar perdagangan. Lebih lagi IHSG masih tergelincir di zona merah akibat jumlah korban Corona yang masih terus meningkat. Menurut proyeksi sekuritas ini, IHSG memiliki potensi untuk merosot ke kisaran 4.000 – 4.300. Rekomendasi saham: DADA, IPTV, ITIC, dan TCPI.
  • Indosurya Sekuritas. Sekuritas ini berpendapat bahwa IHSG diperkirakan akan bergerak dalam tekanan. Tekanan yang ada juga belum memiliki potensi untuk berakhir dalam waktu dekat. Akan tetapi investor bisa memanfaatkan momentum koreksi wajar karena IHSG ada di pola uptrend untuk jangka panjang. Pelemahan IHSG ada di kisaran 3.891 – 4222. Rekomendasi saham: BBCA, JSMR, ASII, dan TLKM.
  • Reliance Sekuritas. Sekuritas ini menyatakan bahwa BI menurunkan suku bunga acuan sebanyak 25 basis poin dikarenakan adanya pandemi Corona. Rekomendasi saham: AKRA, JPFA, TLKM, dan MNCN.
  • MNC Sekuritas. Menurut pendapat sekuritas ini, investor harus memperhatikan are suppoert IHSG yang ada di titik 4.034. Jika titik tersebut tertembus, IHSG memiliki potensi untuk bergerak ke titik 3.944. Rekomendasi saham: ERAA, BSDE, TBIG, dan MDKA.
Baca Juga  Sederhanakan Perijinan dan Investasi, ini yang Harus disiapkan Omnibus Law
Harga minyak terbang

Harga Minyak Dunia Terbang Akibat Stimulus Bank Sentral

IHSG menguat

Hebat! 6 Saham LQ45 Menghijau Disaat IHSG Keok