in

Apakah Emas Memiliki Potensi Menguat Minggu Ini?

Harga Emas merosot

Emas dunia mengalami pemerosotan harga yang cukup tajam pada minggu lalu. Harga emas merosot sejumlah 1,4 persen pada 16-20 Maret. Penyebab dari kemerosotan ini adalah penyebaran pandemi virus Corona yang masih belum memudar. Namun setelah mengalami pemerosotan selama seminggu kemarin, apakah emas memiliki potensi untuk menguat pada minggu ini?

Menurut data dari refinitiv, harga emas mengalami penurunan hingga ke level psikologis US$1.400 pada Rabu (18/3) kemarin. Harga emas terus merosot sampai Kamis (19/3). Dengan merosotnya harga emas secara kontinu membuat munculnya dugaan-dugaan baru. Para investor diduga lebih memilih dolar AS ataupun yen sebagai safe haven.

Indeks Dolar AS mengalami penguatan sebanyak 3,24 persen, diukur dari mata uang greenback terhadap mitra dagang mereka. Kenaikan nilai dolar tersebut menunjukkan bahwa mata uang Amerika mengalami penguatan terhadap mata uang lain di seluruh dunia.

Akan tetapi, emas antam mengalami penguatan sebanyak 1,36 persen. Harga emas mengalami penguatan sebanyak Rp11.000 dan berada di posisi Rp821.000/gram pada perdagangan Sabtu (21/3) kemarin.

Baca Juga  Harga Emas Comex dan Antam Hari ini : 14 Januari 2020

Harga emas Antam memiliki potensi untuk terus menguat. Dalam seminggu terakhir, harga emas Antam meroket tajam sebanyak 6,6 persen. Hal ini berbeda dengan harga emas dunia yang mengalami pemerosotan sebanyak 1,4 persen.

Dilansir dari website logammulia milik Antam, harga emas 100 gram mengalami peningkatan pada Sabtu (21/3). Harga emas ukuran 100 gram dibanderol sebesar Rp82,10 juta yang sebelumnya dibanderol Rp81 juta.

Kenaikan harga emas Antam yang terus mengalami kenaikan ini terjadi karena struktur permintaan emas yang berbeda dibanding pasar emas dunia. Di pasar emas dunia, emas dicari untuk untuk investasi dan mengejar return jangka pendek. Sedangkan di Indonesia, emas dicari untuk untuk hedging (melindungi nilai) kekayaan dan investasi jangka panjang. Walaupun bursa dunia sedang tidak menarik, emas masih tetap dicari di pasar emas Indonesia. Oleh karena itu emas masih memiliki potensi untyk menguat pada minggu ini.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 23 Maret 2020

IHSG diprediksi melemah

Trading Halt Hampir Terjadi Lagi di Perdagangan Hari Ini