in

Saham Defensif Pilihan Untuk Perdagangan Hari Ini

Saham defensif
Photo by Helloquence on Unsplash

ndeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup dalam keadaan lesu di perdagangan awal minggu ini, Senin (23/3). IHSG mengalami pemerosotan sebanyak 4,89 persen dan duduk di posisi 3.989,52  Nilai transaksi harian pada perdagangan kemarin mencapai Rp5,6 triliun. Selain itu investor asing juga melakukan aksi net buy (beli bersih) sejumlah Rp 36,65 miliar di pasar reguler dan negosiasi. Dengan merosotnya nilai IHSG banyak sekali investor yang memilih mencari saham defensif untuk perdagangan hari ini.

Faktor yang menyebabkan IHSG mengalami penurunan adalah banyaknya bursa saham Asia yang anjlok. Anjloknya bursa saham Asia dikarenakan masih belum adanya kepastian akan stimulus dari Donald Trump. Stimulus dari Donald Trump masih belum di setujui oleh senat.

Berikut adalah pilihan saham yang direkomendasikan untuk perdagangan hari ini.

Rekomendasi Saham Defensif

  1. MNC Sekuritas. Menurut sekuritas ini, IHSG memiliki potensi untuk menguat pada perdagangan hari ini. Selama IHSG tidak mengalami pemerosotan sampai 3.918, IHSG diramalkan akan ada di awal wave IV dari wave (III). Hal ini menyebabkan IHSG akan memiliki potensi untuk menguat di posisi 4.350-4.400. Akan tetapi jika IHSG merosot sampai di bawah 3.918, maka wave V dari wave (III) akan terbentuk dan bergerak ke 3.550. Saham pilihan: ITMG, JSMR, KLBF, dan LPPF.
  2. Reliance Sekuritas. Menurut perusahaan sekuritas ini, virus Corona masih menyebabkan sentimen negatif. Hal ini menyebabkan ekonomi AS mengalami pemerosotan sampai 30 persen pada kuartal kedua. Sekuritas ini juga menunjukkan bahwa IHSG akan bergerak pada zona 3.770-4.000. Saham pilihan: ADRO, ASII, INAF, dan TBLA.
  3. Indosurya Sekuritas. Sekuritas ini mengatakan bahwa IHSG masih memiliki potensi untuk tertekan. Faktor yang mempengaruhi ini adalah sentimen dari market domestik dan global. Selain itu ada juga fluktuasi harga komoditas dan nilai tukar rupiah. Namun, selama pemerosotan yang terjadi masih wajar, investor bisa melakukan akumulasi pembelian. Target pembelian adalah jangka menengah sampai panjang. Saham pilihan: ICBP, BBCA, UNVR, dan GGRM
  4. Panin Sekuritas. Sekuritas ini menunjukkan bahwa jika MA5 berhasil breakout, IHSG akan rebound. Akan tetapi, dalam simulasi yang dilakukan terlihat masih belum berhasil. IHSG diproyeksikan akan ada di posisi kurang dari 4.000. IHSG akan bergerak pada zona 3.800-4.100. Saham pilihan: INAF, HRUM, PTSN, dan SSMS.
Baca Juga  Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 17 Maret 2020

 

Volatilitas IHSG

IHSG Diramalkan Rebound di Perdagangan Hari Ini

Strategi Bank Mandiri Hadapi Pelemahan Rupiah

Strategi Bank Mandiri Hadapi Pelemahan Rupiah