in

Harga Emas Kembali Kuat di Posisi US$1.500/Oz

Harga Emas menguat

Harga emas di pasar spot dunia kembali kuat pada hari ini. Penguatan ini sudah terjadi selama dua hari berturut-turut. Harga emas ada di level psikologis US$ 1.500 per troy ons (Oz). Hal ini dikarenakan adanya rencana dari bank sentral Amerika Serikat (AS). Bank Sentral AS akan memberikan likuiditas ke pasar modal untuk menahan efek dari Corona.

Diambil data yang dilansir oleh Refinitiv, pada pukul 09.30, harga emas sudah kembali kuat. Penguatan yang terjadi adalah sebanyak 1,5 persen atau US$22,9 per troy ons, dan dibanderol US$1.575,98. Sedangkan di pasar futures, harga emas juga mengalami penguatan sebanyak 1,6 persen. Harga emas di pasar futures dibanderol dengan harga US$1.592,20 per troy ons.

Pada Senin (23/3) kemarin, emas mengalami penguatan sebanyak 3,7 persen. Penguatan ini adalah penguatan harian terbesar sejak Juni 2016. Sepanjang minggu lalu, emas hanya melaju pada area kisaran US$1.400 per troy ons.

Bank Sentral AS (The Fed) juga mencetak sejarah baru. The Fed memiliki rencana untuk membeli obligasi pemerintah dari pasar dan obligasi korporasi. Selain itu, The Fed juga memberi pinjaman langsung ke beberapa perusahaan dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di AS.

Baca Juga  Bagaimana Kabar Rupiah Setelah Pertemuan Jokowi - Prabowo?

Selain itu, Presiden AS, Donald Trump, juga mempunyai rencana yang masih belum disetujui oleh dewan Senat AS. Trump merencanakan skenario untuk menggerakkan roda ekonomi setelah adanya shutdown selama 15 hari. Akan tetapi kebijakan yang diajukan Trump masih belum ada kepastian.

Karena belum adanya kepastian tersebut, banyak investor di AS yang melakukan pemborongan emas. Kepemilikan investor di Exchange-traded fund/ETF yaitu SPDR Gold Trust GLD juga mengalami penguatan. Penguatan yang terjadi adalah sebanyak 1,8 persen.

Pasokan emas juga dikhawatirkan akan berkurang. Hal ini dikarenakan perusahaan emas di Swis melakukan penghentian produksi selama seminggu. Hal ini juga menjadi pemicu meningkatnya harga emas.

Saham menguat

5 Saham yang Menguat di Perdagangan Senin (23/3)

Faktor menguatnya IHSG

Emiten Siapkan Dana Untuk Buyback Saham