in

Emiten Siapkan Dana Untuk Buyback Saham

Faktor menguatnya IHSG
Photo by PIX1861 on Pixabay

Diambil dari data Bursa Efek Indonesia (BEI), ada 60 perusahaan yang tercatat di BEI sudah siap untuk melakukan buyback (pembelian kembali) saham. Perusahaan tersebut siap melakukan buyback saham di pasar sekunder dengan nilai sebanyak Rp20,03 triliun.

Kebijakan untuk melakukan buyback ini dilakukan emiten atas arahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK memberikan izin untuk semua emiten atau perusahaan publik melakukan buyback tanpa adanya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Hal ini dilakukan untuk memberikan sentimen positif untuk perekonomian Indonesia. Selain itu stimulus ini diberikan untuk meredam efek Corona yang membuat pasar menjadi fluktuatif secara masif.

Per perdagangan Selasa (24/3) ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah jatuh bebas sebanyak 30 persen dalam sebulan terakhir. Dilihat dari year to date, IHSG sudah mengalami depresiasi sebanyak 35,44 persen.

Diambil dari data emiten, ada dua emiten yang sudah siap menggelontorkan dana buybqck yang cukup besar. Emiten tersebut adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Kedua emiten saham tersebut sudah mempersiapkan dana sebanyak Rp3 triliun. Setelah itu disusul dengan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Rp 2 triliun. Di posisi ke tiga ada PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang mempersiapkan dana sebanyak Rp 1,8 triliun.

Baca Juga  Harga Bitcoin Anjlog Hingga 9 Persen

Menurut definisi, buyback saham adalah pembelian saham perusahaan yang sudah dimiliki publik oleh perusahaan itu sendiri. Pembelian tersebut bisa dilakukan dengan syarat saham perusahaan tersebut sudah mengalami koreksi yang cukup dalam. Hal ini dilakukan ketika koreksi yang terjadi sudah ada di bawah level wajar dan di bawah level fundamental. Saham yang sudah dibeli kembali akan masuk ke dalam saham treasuri. Setelah saham tersebut ada di treasuri, saham itu bisa dijual kembali ke publik jika keadaan sudah dianggap memungkingkan kembali.

Harga Emas menguat

Harga Emas Kembali Kuat di Posisi US$1.500/Oz

Harga emas Antam naik Rp 28 Ribu

Mantap, Harga Emas Antam Naik RP 28 Ribu Per Gram