in

OJK Memotong Jam Perdagangan Selama Masa Darurat

IHSG Investor Asing
Photo by M. B. M. on Unsplash

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan akan memotong jam perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama masa darurat. Perdagangan hanya terjadi sampai pukul 15.00 WIB mulai perdagangan minggu depan, Senin 30 Maret 2020. Pemotongan jam perdagangan ini akan terjadi sampai waktu yang akan diumumkan selanjutnya.

Yunita Linda Sari, Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2A OJK, mengatakan bahwa pemotongan jam perdagangan karena kondisi pasar saham yang tidak stabil. Pasar saham tidak stabil karena adanya tekanan yang diakibatkan oleh pandemi Corona. Selain itu, perubahan juga terjadi karena adanya penyesuaian jadwal kegiatan layanan operasional dan layanan publik Bank Indonesia. Layanan publik Bank Indonesia yang mengalami pemendekan jam operasional adalah Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS).

Dilansir dari data Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah mengalami pemerosotan sebanyak 37,49 persen sepanjang tahun 2020. Selain itu, banyak saham Asia Tenggara yang mengalami depresiasi. Penurunan yang paling besar dirasakan oleh Filipina, yaitu sebanyak 38,91 persen. Setelah itu, penurunan terbesar disusul oleh Thailand dengan jumlah 34,47 persen. Pun dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura, yang tergelincir masing-masing 26,71 persen dan 18,73 persen. Penurunan tersebut terjadi karena banyaknya investor asing yang melakukan net sell (jual bersih) dan menjadi faktor utama penekan bursa saham domestik dan global.

Baca Juga  Reaksi HIMBARA Akan Kebijakan Restrukturisasi Kredit

Dalam surat edaran yang dirilis pada Rabu 925/3), OJK akan memotong jam perdagangan yang ada di Bursa Efek. Pemotongan jam perdagangan terjadi di Sistem Penyelenggara Pasar Alternatif (SPPA), serta pemendekan waktu pelaporan di Penerima Laporan Transaksi Efek (PLTE).

Oleh karena itu, waktu perdagangan pada Bursa Efek pada hari Senin s/d Jumat akan berubah menjadi:

Sesi I: jam 09.00 s/d 11.30 dan Sesi II: jam 13.30 s/d 15.00.

Selain itu waktu perdagangan SPPA dan PLTE juga mengalami perubahan. SPPa akan dilaksanakan pada pukul 09.00 sampai 16.00 dan PLTE mulai pukul 09.30 s/d 15.30.

Harga emas kembali meningkat

Harga Emas Kembali Melesat Karena Stimulus The Fed

Proyeksi Ekonomi

IMF Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Global Merosot