in

Wall Street dan Bursa Saham Asia Menghijau

IHSG Meroket
picture by Geralt on Pixabay

Pada perdagangan hari bursa saham Asia dan Wall Street sedang menghijau. Pada dini hari tadi, Wall Street ditutup dalam keadaan yang menguat secara signifikan. Pada penutupan Selasa (24/3) waktu Amerika Serikat, tiga saham unggulan Wall Street sedang meroket cukup tinggi. Selain itu indeks bursa saham Amerika Serikat juga mengalami penguatan yang cukup signifikan.

Dicatatkan, Ideks Dow Jones Industrial Averages (DJIA) menguat luar biasa sebanyak 11 persen. Penguatan ini telah memecahkan rekor sejak 87 tahun belakangan ini. Di sisi lain, S7P 500 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu sebanyak 9 persen dini hari tadi.

Dengan menguatnya Wall Street pada dini hari tadi, bursa Saham Asia pun juga menghijau. Hampir seluruh bursa Asia bergerak positif pada perdagangan pagi ini. penguatan Terbesar dirasakan oleh Topix Index dengan penguatan sebanyak 5,3 persen. Selanjutnya disusul PSEI dan KOSPI dengan penguatan masing-masing sebanyak 4,8 persen dan 4,72 persen.  Setelah itu TW Weighted Index juga mengalami pengokohan sebanyak 4,42 persen. Pun dengan KLCI dan Hang Seng yang merangkak masing-masing sebanyak 3,6 persen dan 3,28 persen. Strait Times juga mengalami peningkatan yang cukup besar yaitu sebanyak 2,7 persen. Penguatan paling tipis dirasakan oleh Shang Hai Composite dengan penguatan sebanyak 1,98 persen.

Baca Juga  Fungsi dan tugas serta Kebijakan OJK 2019

Pasar saham sudah mulai memunculkan keberanian untuk melawan Corona belakangan ini. Hal ini dapat dilihat dari indeks volatilitas saham versi CBOE atau yang lebih mudah dikenal dengan ‘fear index’ (VIX).

VIX pernah ada di level tertingginya yaitu 82,69 pada 16 Maret yang lalu. Level itu jauh lebih tinggi daripada saat krisis keuangan global 2008 beberapa tahun yang lalu. Akan tetapi VIX sudah cenderung turun belakangan ini. Pada Selasa (24/3) kemarin, VIX sudah ada di titik 61,67. Dengan menurunnya VIX menandakan bahwa psikologis pasar mulai membaik.

 

Proyeksi Ekonomi

IMF Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Global Merosot

rupiah menguat

Potensi Rupiah Bakal Menguat Jikalau Pasar Buka Hari Ini