in

Ekonomi Singapura Diramalkan Menurun

Ekonomi Singapura menurun
Photo by Joshua Ang on Unsplash

Berdasarkan data dari Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura, pertumbuhan ekonomi Singapura diramalkan akan menurun. Pertumbuhan ekonomi Singapura pada kuartal-I 2020 akan berkontraksi sebanyak 2,2 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019 silam.

Di kuartal I-2019, ekonomi Singapura mengalami kenaikan sebanyak 3,8 tahun secara tahunan. Sementara itu pada tahun lalu, pertumbuhan ekonomi Singapura hanya mencapai 0,7 persen. Pertumbuhan yang terjadi jauh lebih kecil daripada pertumbuhan ekonomi pada tahun 2018 yang menguat sebanyak 3,1 persen. Jika diteliti, penguatan ini adalah penguatan terendah dalam 10 tahun terakhir.

Dilansir dari CNBC International, ekonomi Singapura menurun sebanyak 10,6 persen secara triwulan atau 3 bulan.

Selain itu, Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura juga memperkecil prediksi pertumbuhan PDB pada tahun 2020. Pemerintah Singapura pada saat ini mengharapkan perubahan PDB ekonomi Singapura secara tahunan antara -4,0 persen dan -1,0 persen. Padahal sebelumnya, proyeksi perubahan PDB ekonomi Singapura dalah antara -0,5 persen dan 1,5 persen.

Proyeksi ekonomi negeri Merlion ini didasarkan pada data yang dirilis pada Januari dan Februari. Kedua bulan tersebut ditujukan sebagai indikasi situasi ekonomi awal pada kuartal pertama. Data lengkap akan PDB Singapura akan dirilis secara lengkap pada beberapa minggu setelah ini.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dalam Serba-serbi Inflasi

Singapura dalah salah satu negara di Asia Tenggara yang merilis data produk domestik bruto (PDB) di kuartal pertama. Dengan rilisnya data tersebut, potensi Corona terhadap ekonomi dunia dapat terlihat.

Singapura dalah negara pertama di luar China yang terjangkit oleh virus Corona. Berdasarkan data yang diambil dari worldometers, per Kamis (26/3) pukul 9.21 WIB, sudah tercatat sebanyak 631 kasus Corona di Sigapura. Jumlah kematian akibat virus ini ada sebanyak 5 korban jiwa. Akan tetapi, jumlah pasien yang sembuh juga semakin banyak yaitu sebanyak 10 pasien.

Paket Stimulus Ekonomi AS

Kurangi Dampak Covid-19, AS Berikan Paket Stimulus Ekonomi USD 2 Triliun

rupiah terkuat di asia

Rupiah Menguat Lawan Dolar Singapura