in

Referensi Saham Pembuka Perdagangan Minggu Ini

Saham Lq45
Photo by Stephen Dawson on Unsplash

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami peningkatan kinerja yang cukup tajam dalam perdagangan 2 hari belakangan ini. Hal ini dapat dilihat dari hasil perdagangan akhir minggu lalu Jumat (27/3). Pada Jumat tersebut IHSG mengalami penguatan sebanyak 4,76 persen dan bertengger di posisi 4.545,57. Oleh karena itu banyak perusahaan yang memberikan referensi saham untuk perdagangan hari ini untuk mengkomplementer pertambahan IHSG.

Pada perdagangan minggu lalu, jumlah nilai transaksi sepanjang perdagangan mencapai Rp12,83 triuliun. Di perdagangan tersebut investor asing banyak melakukan aksi net buy (beli bersih) di pasar reguler dengan total nilai sebanyak Rp127,31 miliar. Nilai transaksi tersebut ada jaug di atas rata-rata perdagangan harian pada tahun 2020 ini.

Akan tetapi perlu diingat bahwa jam perdagangan hari ini akan berubah. Perdagangan pada sesi I akan ditutup pada pukul 11.30 waktu JATS. Untuk perdagangan sesi II tetap dibuka pukul 13.30 JATS akan tetapi akan ditutup lebih awal yaitu pada pukul15.00 JATS.

Referensi Saham Untuk Hari Ini

Menurut data dari CNBC Indonesia, berikut adalah referensi saham untuk pembukaan perdagangan minggu ini dari perusahaan sekuritas di Indonesia.

  1. Panin Sekuritas.  Menurut sekuritas ini, investor harus berhati-hati terhadap profit taking lanjutan. Dengan terjadinya penguatan IHSG pada minggu lalu ada indikasi IHSG sudah masuk masa jenuh beli. Hal itu juga terlihat dari aksi beli dan jual investor asing yang masih tidak stabil. Saham pilihan hari ini adalah ACES, CLEO, INKP, dan PTBA.
  2. Reliance Sekuritas. Menurut perusahaan ini, IHSG memiliki kecenderungan untuk jalan di tempat di area resistence. IHSG juga memiliki potensi untuk mengalami penurunan akibat aksi profit taking jangka pendek. Saham pilihan hari ini adalah BBTN, BSDE, JSMR, dan LPPF.
  3. MNC Sekuritas. Sekuritas ini memperkirakan bahwa IHSG memiliki 2 skenario. Skenario pertama adalah IHSG merosot namun membentuk wave (5) dari wave C dari wave IV dan bergerak ke arah 3.800-3.850. Untuk skenarrio kedua IHSG akan merosot dan membentuk wave 2 ke arah 4.080-4.300, dan IHSG memiliki potensi untuk bangkit kembali. Saham pilihan hari ini adalah AKRA, ACES, ANTM, dan BMRI.
  4. Artha Sekuritas. Sekuritas ini memproyeksikan bahwa IHSG akan mengalami pelemahan. Hal ini dikarenakan investor AS masih optimis akibat stimulus The Fed, akan tetapi tingkat pengangguran mencatat angka tertinggi sejak 1982. Hal ini menjadi faktor proyeksi IHSG terkoreksi. Saham pilihan hari ini adalah BBCA, TLKM, KLBF, dan BBNI.
Baca Juga  Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 13 Maret 2020
Tips Investasi Untuk Aparatur Sipil Negara

Tips Investasi Untuk Aparatur Sipil Negara

Penundaan Pembayaran untuk KUR

Restrukturisasi Kredit, Sederet Bank Ikuti Kebijakan OJK