in

Restrukturisasi Kredit, Sederet Bank Ikuti Kebijakan OJK

Penundaan Pembayaran untuk KUR
Photo by Ikhsan Assidiqie on Unsplash

Per hari ini Senin (30/3) sudah banyak bank yang mengikuti kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kebijakan yang diikuti bank ini adalah kebijakan akan restrukturisasi kredit. Restrukturisasi kredit diberikan kepada beberapa perusahaan yang terkena dampak pandemi virus Corona. Selain itu hal itu juga diberikan untuk perusahaan yang mempunyai plafon kredit maksimal sebanyak Rp10 miliar.

Menurut pengumuman yang dirilis oleh OJK, beberapa perusahaan perbankan sudah mengumumkan akan memberikan keringan kredit. Keringan kredit tersebut akan diberikan kepada kreditur yang terkena imbas virus Corona. Bank yang sudah tercatat memberikan kebijakan tersebut adalah perusahaan perbankan BUKU IV. Bank-bank tersebut antara lain PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI).

Bank Mandiri dan BRI telah memberikan kemudahan untuk melakukan penundaan pembayaran kredit bagi debitur yang terpengaruh virus Corona. Sedangkan BNI akan mengeluarkan kebijakan relaksasi bagi debitur. Akan tetapi, keringanan ini akan disesuaikan dengan kondisi dan jenis usaha dari tiap debitur.

Baca Juga  Syarat Keringanan Kredit Bagi Debitur UMKM

Tak ketinggalan, PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) dan PT Bank Permata Tbk (BNLI) juga memberikan kemudahan. Kedua bank tersebut memberikan kemudahan berupa perpanjangan jangka waktu kredit, penundaan pembayaran angsuran pokok, dan keringanan pembayaran bunga. Hal tersebut dapat dilakukan dengan syarat yang harus disesuaikan dengan kondisi keuangan dari nasabah itu sendiri.

Lain halnya dengan PT Bank BTPN Tbk (BTPN) yang secara gamblang akan memberikan keringan kredit untuk debiturnya. Keringanan ini diberikan untuk debitur dengan nilai plafon maksimal Rp10 miliar dengan rincian nasabah adalah pekerja informal, gaji harian, dan usaha mikro dan kecil.

Selain itu, PT Bank DBS Indonesia dan PT Bank ganesha Tbk juga menyuarakan komitmennya akan keringanan kredit.

Nasabah bank diharapkan segera menghubungi bank yang diikuti untuk mengetahui syarat dan tipe keringanan yang ada di bank.

Saham Lq45

Referensi Saham Pembuka Perdagangan Minggu Ini

Bursa Asia kembali terperosok ke zona merah

2 Hari Menguat, IHSG Tergelincir 4,7 Persen