in

6 Saham Pendongkrak Nilai IHSG, Apa Saja?

IHSG terdongkrak
Photo by PIX1861 on Pixabay

Per pukul 09.15 WIB tadi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkatrol sebanyak 2,56 persen. Ada beberapa saham emiten perbankan dan saham blue chip yang menjadi pendongkrak nilai IHSG hari ini, Selasa (31/3).

Pada pukul 091.5 WIB, transaksi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah mencapai Rp1 triliun. Ada 6 saham yang menjadi pendongkrak nilai IHSG pagi ini.4 dari saham tersebut adalah saham dari emiten perbankan. BBRI memiliki nilai transaksi sebanyak Rp250 miliar, BBCA sebanyak Rp230 miliar, BBNI sebanyak Rp86 miliar, dan BMRI sebanyak Rp81 miliar.

Selain saham perbankan, 2 emiten lainnya berasal dari sektor telekomunikasi dan industri. Emiten tersebut adalah TLKM dan ASII. Nilai transaksi dari TLKM ada sebanyak Rp60,1 miliar dan ASII memiliki nilai transaksi mencapai Rp34,2 miliar.

Faktor menguatnya IHSG ini dikarenakan adanya sentimen positif dari pasar global. Menguatnya Wall Street dini hari tadi dinilai menjadi faktor utama meningkatnya nilai IHSG. Pagi tadi bursa saham Amerika Serikat itu ditutup dalam keadaan menghijau dan mengalami peningkatan lebih dari 3 persen. Indeks Dow Jones Average (DJIA) menguat sebanyak 3,2 persen, S&P 500 sebanyak 3,4 persen, dan Nasdaq Compositen melambung sebanyak 3,6 persen.

Baca Juga  Siap-siap, Pemerintah Akan Larang Rokok Elektrik dan Vape!

Pagi ini kejutan juga muncul dari Biro Statistik China (NBS), yang dilansir oleh CNBC Indonesia. NBS merilis data tentang Purchasing Manufacturing Index (PMI) China di bulan maret ada di titik 52. Hal ini ada di atas proyeksi dari analis. Banyak analis yang memproyeksikan index PMI tersebut hanya ada di kisaran 45 saja. Angka PMI yang ada di atas titik 50 menunjukkan sektor tersebut sedang berekspansi. Dengan adanya indikator tersebut menunjukkan bahwa wabah Corona sudah mereda di negeri Tirai bambu tersebut.

Per Sabtu (28/3) kemarin, status Lockdown wuhan sudah diangkat. Akan tetapi, sebelum diangkatnya lockdown, aktivitas ekonomi di China sudah bergejolak sebelum itu.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 31 Maret 2020

Harga Emas merosot

Harga Emas Antam dan Global Merosot Semua