in

Arab-Rusia Akan Damai, Rupiah Menguat

rupiah menguat

Nilai tukar Rupiah menguat terhadap dolar AS di perdagangan pasar spot pagi ini, Jumat (3/4). Hal ini terjadi karena adanya sentimen positif dari investor akan harapan berkahirnya perang harga minyak antara Arab Saudi dan Rusia.

US$1 dihargai Rp16.440 di pembukaan pasar spot Jumat ini. Rupiah menguat sebanyak 0,18 persen dibanding penutupan pada Kamis (2/4) kemarin. Pada perdagangan kemarin, rupiah mengalami kemerosotan sebanyak 0,18 persen melawan dolar AS. Hal ini menandakan bahwa rupiah sudah jatuh bebas sebanyak 18,66 persen sejak awal tahun 2020.

Menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warijyo, rupiah sudah memasuki fase undervalued. Oleh karena itu rupiah memiliki peluang untuk mengalami penguatan ketika sentimen pasar sedang membaik.

Hal tersebut dapat terlihat hari ini disaat adanya harapan akan perang harga minyak antara Arab Saudi dan Rusia akan selesai. Dalam perang harga ini, AS akan mencoba menjadi mediator antara Arab Saudi dan Rusia. Kedua negara tersebut melakukan perang harga setelah adanya kegagalan kesepakatan akan pemotongan produksi di tingkat OPEC+.

Baca Juga  Bansos PKH Dicairkan Sri Mulyani

Kemarin, harga emas hitam jenis brent sempat mengalami kenaikan hingga 21 persen. Pun dengan minyak jenis light sweet yang harganya juga meroket sebanyak 25 persen. Kenaikan yang terjadi ini adalah kenaikan terbesar dalam sejarah. Akan tetapi dengan adanya kenaikan yang signifikan ini, akan timbul potensi profit taking yang menyebabkan harga minyak bisa kembali merosot.

Menurut Gene McGillian Vice President of Market Research di Tradition Energy, pertanyaan utamanya sekarang adalah apakah terjadi kesepakatan antara Arab dan Rusia? “Rusia terlihat sudah melunak daripada beberapa bulan lalu dan sekarang tinggal menunggu hasilnya saja”, ucap McGillian yang dikutip dari Reuters.

Dengan adanya harapan terhentinya perang harga anda Arab dan Rusia membuat investor bisa kembali bernapas dan mau untuk mengambil risiko lagi. Sekarang musuh investor tinggal satu saja, yaitu pandemi virus Coronaa.

Volatilitas IHSG

IHSG Dibuka dalam Keadaan Meroket

dolar singapura

Dolar Singapura Merosot dari Rekor Tertinggi