in

Dihantui Resesi, Harga Emas Diproyeksikan Naik

Berikut adalah 5 faktor yang mempengaruhi harga emas
Picture by hamiltonleen on Pixabay

Harga emas dunia di pasar spot diproyeksikan naik di perdagangan minggu ini. Hal ini diperkiran terjadi setelah adanya rilisan data jumlah pengangguran di Amerika Serikat (AS) yang cukup besar. Meningkatnya jumlah pengangguran ini dikarenakan adanya virus Corona yang makin menyebar di Amerika.

Pada perdagangan Senin ini (6/4), harga emas dunia di pasar spot mengalami peningkayan sebanyak 0,18 persen dan ada di titik 1.619,4 per troy ons, dilansir oleh CNBC Indonesia. Harga emas masih cukup kuat karena masih ada di atas level US$1.600 per troy ons.

harga emas diproyeksikan naik akibat buruknya perkembangan ekonomi Amerika Serikat (AS). Menurut Biro Statistik Ketenagakerjaan AS, jumlah pengangguran di AS meningkat menjadi 701.000 pekerja. Jumlah ini adalah jumlah tertinggi sejak Maret 2009 dan ini adalah kontraksi pertama sejak September 2010.

Adanya pandemi Corona ini menjadi faktor utama terjadinya gelombang PHK yang besar di ranah global. Menurut data yang dirilis worldometers pada hari Senin (6/4) pukul 9.48 WIB, sudah ada 1.273.709 virus Corona terjadi di seluruh dunia. Jumlah kematian akibat virus ini sudah mencapai 69.456 orang. Di sisi lain, jumlah orang yang sembuh dari virus ini sudah mencapai 262.486 pasien.

Baca Juga  Rupiah Kembali Lemah di Hadapan Dolar AS

Negeri Paman Sam ini menjadi episenter penyebaran viurs Corona di dunia. Jumlah kasus yang ada di AS sudah mencapai 337.310 kasus dan korban jiwa mencapai 9.637 orang. Peneliti AS memperkirakan bahwa jumlah kematian akibat virus ini akan lebih besar daripada korban perang dunia dan perang-perang lainnya.

Selain itu, dengan adanya virus ini banyak pabrik-pabrik yang ditutup dan tidak beroperasi. Hal ini menyebabkan berhentinya perputaran ekonomi global dan ancaman resesi global menjadi makin nyata. Menurut data yang dirilis oleh reuters, median pertumbuhan ekonomi global pada tahun ini diperkirakan akan ada pada titik 1,2 persen. Padahal survei sebelumnya menunjukkan median ada di titik 1,6 persen. Oleh karena itu banayk investor yang memburu emas sebagai aset safe haven.

KPR libur

Debitur KPR ‘Libur’ Cicilan Selama 1 Tahun

Industri penerbangan

Ancaman PHK, Industri Penerbangan Meminta Insentif