in

Bursa Asia Menguat Seiring Melambatnya Corona

Bursa Asia Kembali Menguat
Picture by Dawnfu on Pixabay

Bursa saham Asia menguat dalam perdagangan hari ini, Selasa (7/4). Bursa saham Asia menguat akibat adanya data tentang perlambatan perkembangan Corona dalam seminggu terakhir di Amerika Serikat (AS).

Walaupun tren ini masih belum dapat ditentukan hingga sampai kapan, akan tetapi di beberapa titik Corona di seluruh dunia juga mengalami pengurangan. Italia dan Spanyol juga sudah mengalami pengurangan jumlah kasus Corona.

Menurut data yang dirilis oleh CNBC Indonesia, indeks Nikkei 225 mengalami penguatan sebanyak 2,19 persen di perdagangan pagi ini. Hal ini terjadi akibat menaiknya saham blue chip Softbank Group sebanyak 4.56 persen. Selain itu indeks Topix juga terbang sebanyak 2,3 persen.

Meningkatnya bursa saham Negeri Matahari Terbit ini terjadi setelah Shizo Abe, Perdana Menteri Jepang, berjanji untuk memberikan stimulus. Stimulus tersebut adalah stimulus fiskal untuk menahan efek virus COVID-19. Jumlah stimulus tersebut sejumlah 39 triliun yen atau US$357 miliar.

Selain itu saham China juga mengalami penguatan. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya indeks Shanghai Composite yang menguat 1,5 persen. Selain itu ShenZhen dan Hang Seng Hong Kong juga mengalami penguatan masing-masing sebanyak 1,837 persen dan 0,84 persen.

Baca Juga  Forex, Dunia Gelap dan Terangnya Kevin Aprillio

Saham Korea Selatan juga mengalami peningkatan yang cukup bagus. Indeks KOSPI meningkat sebanyak 1,1 persen pagi ini. Hal ini dikarenakan saham blue chip Samsung Electronic mengalami peningkatan sebanyak lebih dari 1 persen. Meningkatnya saham Samsung ini terjadi setelah adanya pengumuman laba Samsung pada kuartal pertama yang mencapa US$5,2 miliar. laba yang diterima Samsung Electronics ini ada di atas ekspektasi yang sudah diperkirakan.

S&P/ASX 200, Bursa saham Australia, juga mengalami peningkatan sebanyak 0,79 persen. Peningkatan tersebut terjadi setelah akan adanya pengumuman dari bank sentral Australia atau Reserve Bank of Australia. Reserve Bank of Australia akan membuat keputusan tentang suku bunga yang akan terjadi pada pukul 11.30 WIB.

Saham Lq45

5 Saham LQ45 Meroket 30 Persen Dalam Seminggu

Rupiah Anjlok Akibat Harga Minyak Dunia Minus

IHSG Merosot Lagi Akibat Profit Taking