in

Harga Minyak Mentah Meroket Pada Hari Ini

Harga minyak meroket
Photo by WORKSITE Ltd. on Unsplash

Harga minyak mentah meroket pada hari ini, Selasa (7/4). Hal ini terjadi akibat adanya sinyal rujuk antara Rusia dan Arab Saudi.

Per Selasa 7/4/2020, harga minyak mentah kontrak futures meroket sebanyak 2,5 persen seperti yang dilansir oleh CNBC indonesia. Minyak Brent juga mengalami peningkatan harga. Brent sekarang dibanderol US$33,92 per barel dan mengalami penguatan sebanyak 2,63 persen. Selain itu minyak mentah acuan Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI), mengalami penguatan sebanyak 3,72 persen. Minyak WTI dibanderol sebanyak US$27,05 per barel.

Arab Saudi dan Rusia mungkin akan rujuk soal pemangkasan produksi pada pertemuan Kamis depan. Akan tetapi, keputusan ini tergantung akan kemudi AS sebagai negosiator.

Permintaan minyak di seluruh dunia sudah mengalami pemerosotan sebanyak 30 persen atau sebanyak 30 juta barel per hari (bpd). Hal ini terjadi di saat Arab Saudi dan Rusia sedang perang harga dan rencana Arab untuk membanjiri pasar dengan pasokan minyak.

Dengan adanya pemerosotan permintaan selama berminggu-minggu, OPEC+ mulai membahas tentang pengurangan produksi. OPEC+ adalah Organisasi Negara-negara Eksportir Minyak dan sekutu-sekutunya. Akan tetapi, negara non-OPEC juga akan mengikuti pembahasan tentang pengurangan produksi minyak.

Baca Juga  Profesional Trader Budi Setiawan Menghasilkan Rp 1 Miliar Dalam Setahun

Hingga sampai saat ini, AS belum menunjukkan adanya komitmen untuk berpartisipasi dalam kesepakatan dalam bentuk apapun. Hal ini dikarenakan adanya undang-undang antimonopoli sehingga perusahaan AS tidak bisa mengoordinasikan produksi.

Harga minyak sempat mengalami kemerosotan pada Senin kemarin setelah penundaan pertemuan antara Arab Saudi dan Rusia. Analis memproyeksikan pasokan minyak berlebih ini sudah mencapai seperempat konsumsi global sebelum terjadinya pandemi Corona di seluruh dunia.

Dunia juga sedang dihantui oleh resesi akibat adanya aktivitas lockdown yang terjadi di sebagian negara. Dengan adanya lockdown, roda perekonomian dan transportasi menjadi terhambat sehingga perintaan akan minyak juga semakin mengecil.

Rupiah Anjlok Akibat Harga Minyak Dunia Minus

IHSG Merosot Lagi Akibat Profit Taking

Menyadari Potensi Kekalahan Wajib Bagi Trader

Menyadari Potensi Kekalahan Wajib Bagi Trader