in

Bursa Saham Asia Bergerak Fluktuatif Hari Ini

PDB Indonesia diprediksi meningkat
Photo by Austin Distel on Unsplash

Bursa saham Asia masih bergerak fluktuatif pada perdagangan hari ini, Rabu (8/4). Hal ini terjadi akibat sentimen positif dan negatif yang ada, sehingga investor masih bingung dan melakukan wait and see di perdagangan hari ini.

Berikut adalah pertumbuhan bursa saham Asia pada perdagangan hari seperti yang dilansir oleh CNBC Indonesia. Indeks saham Asia yang mengalami pemerosotan adalah Bursa Straits Time Singapura, Bursa KLCI Malaysia, Hang Seng Hong Kong dan KOSPI Korea Selatan. Straits Time Singapura mengalami pemerosotan terbesar, yaitu sebanyak 1,53 persen. Selanjutnya disusul oleh Bursa KLCI Malaysia sebanyak 0,74 persen. Penurunan selanjutnya dirasakan oleh Kang Seng Hong Kong dan KOSPI Korea Selatan masing-masing 0,26 persen dan 0,22 persen.

Ada dua indeks saham Asia yang mengalami penguatan pada perdagangan hari ini. Indeks Topix jepang mengalami penguatan sebanyak 0,37 persen. Penguatan terbesar dirasakan oleh Weighted Index Taiwan sebanyak 0,83 persen.

Sentimen positif terhadap bursa Asia ini berasal dari Jepang karena adanya peningkatan pemesanan mesin inti sebanyak 2,3 persen. Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi jepang masih kuat melawan virus Corona. Kasus virus Corona di Jepang pun terhitung cukup rendah dan korban jiwa juga tidak seberapa banyak. Menurut data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan, Ketenagakerjaan, dan Kesejahteraan Jepang, jumlah kasus virus Corona di Jepang ada 3.906 kasus. Jumlah kasus kematian di negeri Matahari Terbit itu mencapai 80 korban jiwa.

Baca Juga  Efek Corona, Bursa Asia Masih Lesu

Akan tetapi, sentimen negatif berasal dari harga minyak yang tak kunjung stabil. Fluktuasi harga emas terjadi jelang pertemuan antara Arab Saudi dan Rusia. Harga minyak mentah sempat merosot tajam dalam beberapa hari terakhir ini. Pada perdagangan kemarin, minyak mentah jenis light sweet harus mengalami kemerosotan sebanyak 9 persen. Akan tetapi, minyak brent dan light sweet mengalami peningkatan masing-masing sebanyak 2,26 persen dan 5,5 persen. Ketidakstabilan harga ini membuat banyak investor masih melakukan wait and see dan membuat bursa saham Asia fluktuatif.

IHSG dihantui depresiasi

IHSG Dihantui Depresiasi di Perdagangan Hari Ini

bursa Asia menguat karena sentimen positif

Ciri Utama Broker Forex yang Melakukan Scam