in

Harga Emas Antam Kembali Tergelincir

Harga Emas merosot

Harga emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam) kembali tergelincir pada perdagangan hari ini, Kamis (9/4). harga emas Antam mengalami pemerosotan sebanyak 0,89 persen atau sebanyak Rp8.000 dan dibanderol Rp889.000 per gram. Padahal harga emas pada perdagangan kemarin, Rabu (8/4), ada pada titik Rp987.000 per gram.

Menurut data yang dirilis oleh situs logammulia yang dilansir oleh CNBCIndonesia.com, harga emas 100 gram juga kembali tergelincir. Harga emas 100 gram mengalami kemerosotan sebanyak 0,89 persen dan berada pada titik Rp88,9 juta per batang. Harga emas 100 gram pada perdagangan kemarin dibanderol sejumlah Rp89,7 juta per batang. Harga emas 100 gram sering dijadikan sebagai patokan transaksi emas secara umum.

Merosotnya harga emas ini terjadi akibat adanya respon positif dari investor pada perdagangan pasar. Hal ini terjadi setelah pemerintah mengeluarkan surat utang dalam bentuk dolar yang berhasil mencetak rekor di Indonesia. Stimulus berupa surat utang tersebut dirilis untuk memberikan semangat kepada perdagangan pasar di tengah pandemi Corona yang masih belum usai.

Baca Juga  Nilai Impor China Merosot Drastis Karena Corona

Surat utang gobal yang dikeluarkan oleh pemerintah ada 3 macam. Surat utang tersebut memiliki nilai sebanyak US$4,3 miliar dan memiliki tenor yang cukupp panjang, yaitu 50 tahun. Surat utang ini setara dengan Rp68,6 triliun jika dihitung dengan kurs Rp16.000 per dolar Amerika.

Sri Mulyani, seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia, menyatakan bahwa penerbitan ini adalah penerbitan terbesar dalam sejarah RI. Selain itu Indonesia adalah negara pertama yang mengeluarkan sovereign bond sejak adanya pandemi Corona beberapa bulan lalu.

Dengan adanya respon positif dari pasar menunjukkan bahwa investor asing sudah masuk ke pasar fixed income. Hal ini juga menjadi indikator bahwa banyak investor yang sudah meninggalkan aset yang berbentuk safe haven.

Akan tetapi menurunnya harga emas Antam tidak sejalan dengan harga emas global yang malah meningkat sebanyak 0,2 persen.

Penundaan Pembayaran untuk KUR

Penerima KUR Mendapatkan Penundaan Pembayaran

Volatilitas IHSG

Faktor yang Membuat Volatilitas IHSG Tinggi