in

Faktor yang Membuat Volatilitas IHSG Tinggi

Volatilitas IHSG
picture by Geralt on Pixabay

Volatilitas Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sangat tinggi di perdagangan hari ini, Kamis (9/4). Hal ini dapat terlihat disaat pembukaan pasar, IHSG mengalami penguatan sebanyak 0,62 persen dan bertengger di titik 4.655,43. Akan tetapi beberapa saat kemudian, IHSG harus mengalami kemerosotan sebanyak 1 persen dan kembali melaju di zona merah.

Banyak investor yang berpikir bahwa penguatan bursa saham domestik masih belum stabil. Selain itu, sektor perbankan menjadi penyebab kenapa volatilitas IHSG cukup tinggi.

Menurut data dari BEI yang dilansir di CNBCIndonesia.com, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengalami kemerosotan sebanyak 0,27 persen dan berada di titik28.100. Padahal BBCA adalah saham yang memiliki nilai kapitalisasi paling besar di BEI. Kemerosotan selanjutnya disusul oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang harus merosot sebanyak 0,35 persen dan duduk manis di titik 2.810. Pun dengan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) yang harus tergelincir sebanyak 0,5 persen dan ada di posisi 3.990.

Di sisi lain, ada saham emiten perbankan yang mengalami penguatan di perdagangan hari ini. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengokohkan posisinya dengan adanya peningkatan sebanyak 0,63 persen dan berada di posisi 4.800.

Baca Juga  Transaksi Besar oleh Sinarmas Sekuritas Ditemukan di Saham GGRM

Investor masih ragu untuk berinvestasi masih disebabkan oleh Corona. Laju Corona yang masih berkembang pesat di Eropa dan Amerika Serikat (AS) masih menjadi momok yang paling besar bagi para investor.

Lebih lagi perang harga minyak antara Arab Saudi dan Rusia yang masih belum usai. Keputusan rujuk antara Arab Saudi dan Rusia akan ditentukan pada pertemuan yang akan terjadi hari ini.

Selain itu adanya kebijakan dari Bank Sentral AS atau The Fed juga memberikan dampak positif terhadap pasar. Tarik ulur antara sentimen positif dan negatif yang ada di pasar menjadi salah satu faktor mengapa volatilitas IHSG cukup tinggi pada perdagangan hari ini.

Harga Emas merosot

Harga Emas Antam Kembali Tergelincir

IHSG Investor Asing

Investor Asing Tetap Masuk Meski IHSG Merosot