in

Optimis Corona Mereda, Bursa Global Kembali Hijau

Bursa Asia Kembali Menguat
Picture by Dawnfu on Pixabay

Bursa Global kembali hijau pada perdagangan Kamis (9/4) kemarin. Optimisme investor bahwa Corona sudah mulai mereda menjadi sentimen positif bagi pasar global.

Sentimen positif yang lain juga berasal dari stimulus besar-besaran yang digelontorkan oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed. The Fed memberikan dana stimulus sejumlah S$ 2,3 triliun atau lebih dari Rp36 triliun. Selain itu Ketua The Fed, Jerome Powell, memperkirakan bahwa ekonomi AS akan kembali menguat setelah virus Corona di AS mereda.

Dengan adanya stimulus-stimulus tersebut, Bursa Wall Street mengalami penguatan yang cukup signifikan. Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) meroket sebanyak 1,22 persen. S&P 500 juga ditutup dalam menguat sebanyak 1,45 persen. Pun dengan Nasdaq  Composite yang ditutup dalam keadaan merangkak naik sebanyak 0,77 persen. Wall Street sudah mengalami reli kenaikan sebanyak 2 hari berturut-turut.

Kepala strategi pasar di TD Ameritrade JJ Kinahan menyatakan bahwa diprediksi volatilitas pasar akan makain besar, seperti yang dilansir CNBCIndonesia. Akan tetapi ia tetap optimis bahwa pasar AS akan tetap bergerak ke jalur hijau.

Baca Juga  Ada Apa dengan Saham MNC? Kok Anjlok?!

Bursa Global Kembali Hijau

Bursa saham di benua Eropa juga mengalami peningkatan pada penutupan perdagangan. Indeks FTSE 100 mengalami peningkatan sebanyak 2,8 persen dan ada di titik 5.837,09. DAX 30 meroket sebanyak 2,2 persen ada ada di posisi 10.564,74. CAC 40 juga mengalami penguatan sebanyak 1,4 persen dan bertengger di titik 4.506,85. Pun dengan EURO STOXX 50 yang bisa menguatkan posisinya sebanyak 1,5 persen pada titik 2.892,79.

Bursa Asia pun sebagian besar ditutup dalam keadaan menghijau. Hang Seng Hong Kong ditutup dalam keadaan menguat sebanyak 1,4 persen dan ada di posisi 24.300,33. Peningkatan nilai juga dirasakan oleh Shanghai Composite dengan penguatan tipis sebanyak 0,4 persen dan ada di titik 2.825,95. Nikkei 225 ditutup dalam keadaan konstan di titik 19.345,77. Akan tetapi bursa Tokyo harus ditutup dalam keadaan melemah pada hari ini.

Wall Street menguat

Wall Street Menguat Akibat Stimulus The Fed

IMF Krisis Ekonomi

IMF Ingatkan Akan Krisis Akibat Corona