in

Menkeu ‘Membocorkan’ Strategi Pandemic Bond

Bursa Asia Menangis Efek Harga Minyak Dunia
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Sri Mulyani, Menteri Keungan (Menkeu), mulai membocorkan strategi Pandemic Bond. Pandemic Bond adalah Surat Utang Negara yang tengah direncanakan oleh pemerintah RI. Pandemic Bond memiliki sifat yang berbeda dengan Surat Utang Negara yang biasanya dirilis. Sri Mulyani menyatakan bahwa Pandemic Bond diluncurkan untuk meredam dari efek pandemi Corona terhadap perekonomian Indonesia yang tak kunjung usai. Di sisi lain, Surat Utang Negara biasanya diluncurkan untuk melakukan pendanaan APBN yang defisit.

Menurut Sri Mulyani seperti yang dikutip dari CNNIndonesia, Pandemic Bond adalah jenis investasi yang memiliki letak below the line. Hal ini menunjukkan bahwa dana dari Pandemic Bond ini akan digunakan sebagai cadangan negara untuk meredam efek Corona. Selain itu surat utang ini juga diluncurkan untuk menahan efek Domino yang isa merobohkan kestabilan ekonomi dan sistem keuangan Indonesia.

Alternatif Strategi Pandemic Bond

Sri Mulyani juga menambahkan bahwa ada beberapa alternatif strategi Pandemic Bond. Alternatif strategi yang pertama adalah melakukan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PMN akan diberikan kepada BUMN dalam bentuk dana pemerintah atau investasi pemerintah. Akan tetapi, untuk kejelasannya masih digodok oleh Kementrian Keuangan.

Baca Juga  Politik Kantor Berdampak Penting bagi Karier Anda, Apa Saja Manfaatnya?

Strategi keuda yang dijadikan pertimbangan adalah menggunakan surat utang ini sebagai jaminan. Dalam strategi ini, institusi yang melakukan tugas kenegaraan dapat melakukan pencairan peminjaman kepada Pemerintah Indonesia. Strategi ini masih dimusyawarahkan dengan OJK dan beberapa lembaga keuangan. Hal ini dilakukan untuk membantu pelaku usaha yang terkena dampak virus Corona baik secara langsung maupun tidak langsung.

Walaupun penerbitan Pandemic Bond ini masih belum jelas, Menteri Keuangan Indonesia menyatakan bahwa surat utang ini akan dirilis pada tahun ini. Sistem penerbitannya juga tidak melalui sistem perlelangan seperti biasanya. Ia juga menambahkan bahwa tindakan moral hazard akan diredam sebanyak-banyaknya dalam strategi penerbitan surat utang ini.

Oleh karena itu, Pandemic Bond memiliki prinsip pembagian risiko atau risk sharing. Dengan adanya prinsip ini, pemegang pandemic bond akan memiliki tanggung jawab yang sama terhadap dana tersebut.

Keuntungan Surat Utang Negara

Keuntungan Berinvestasi Surat Utang Negara (SUN)

Rupiah Lemah di Perdagangan Pasar Spot

Rencana Pemerintah Menerbitkan Surat Utang Terbesar