in

BLT Dana Desa Akan Cair Bulan Ini

BLT Dana Desa Akan Cair Bulan Ini
Picture by EmAji on Pixabay

Pemerintah Indonesia akan memberikan insentif dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang terkena imbas virus Corona. BLT dana desa akan cair bulan ini kepada 12 juta keluarga penerima. Nomina BLT yang diberikan pemerintah adalah sebanyak Rp600.000 selama jangka waktu 3 bulan. BLT ini adalah salah satu cara yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk meredam efek Corona yang terjadi kepada masyarakat desa.

Menurut data yang dirilis dari worldometers, jumlah kasus virus Corona di seluruh dunia per Rabu (15/4) pukul 8.48 WIB sudah mencapai 1.998.111 kasus. Virus ini sudah menelan korban jiwa sebanyak 126.604 orang. Sedangkan untuk pasien yang sudah sembuh sudah mencapai 478.659 pasien.

Di Indonesia sendiri, kasus virus ini sudah mencapai 4.839 kasus. Korban jiwa di Indonesia juga termasuk banyak, yaitu sebanyak 459 orang dan pasien yang sudah sembuh ada sebanyak 426 pasien.

Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, menyatakan di detik.com bahwa BLT dana desa akan cair bulan ini. BLT ini akan diserahkan kepada kepala desa asing-masing dan akan disalurkan kepada warganya yang membutuhkan. Bantuan ini akan diberikan dalam bentuk non-tunai, dan sebisa mungkin menghindari pemberian BLT secara tunai.

Baca Juga  Awal Pekan, Nilai Tukar Rupiah Menguat

Abdul mengatakan bahwa BLT akan diberikan selama 3 bulan dan dimulai sejak bulan April 2020. Sistem pencairan akan diserahkan langsung oleh Kepala Desa dalam bentuk cashless kepada penerima yang berhak. Hal ini dilakukan untuk menghindari fitnah yang bisa saja terjadi.

Abdul juga menambahkan bahwa beberapa instansi perbankan seperi Mandiri, BNI, dan BRI harus membantu masyarakat dalam membuat rekening. Dilakukannya hal ini sekaligus untuk membiasakan masyarakat dekat dengan teknologi perbankan yang ada.

Akan tetapi jika desa yang ditargetkan tidak memiliki akses terhadap 3 bank tersebut, maka pemberian langsung secara tunai harus dilakukan.

Peluang Bisnis Kuliner Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Kuliner Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 15 April 2020