in

Ekonomi China Diramalkan Merosot Karena Corona

Ekonomi China diramalkan merosot
Photo by chuttersnap on Unsplash

Ekonomi China diramalkan merosot karena pandemi Corona yang masih belum usai di negeri Tirai Bambu tersebut. Jika memang terjadi, kemorosotan China ini adalah kemerosotan pertama sejak 3 dekade terakhir.

Ekonomi China diramalkan merosot setelah adanya survei yang dilakukan oleh AFP. 14 institusi memproyeksikan pertumbuhan ekonomi China akan mengalami pemerosotan sebanyak 8,2 persen dibanding pada kuartal pertama tahun 2019.

Produk Domestik Bruto atau PDB China diramalkan akan melaju sebanyak 1,7 persen. Hal ini cukup jauh dari pertumbuhan yang terjadi di tahun 2019. Pada sepanjang tahun 2019, PDB China mengalami pertumbuhan sebanyak 6,1 persen.

AFP menyatakan, yang dikutip dari CNBCIndonesia, jika pertumbuhan ekonomi China mengalami penurunan, hal itu akan menjadi pertumbuhan ekonomi terburuk China sejak 1976.

Selain itu salah satu ekonom dari Moody’s Analytics menyatakan bahwa penurunan yang dirasakan jauh dari perkiraan banyak orang. Sudah banyak industri dan pabrik yang roda perputaran ekonominya tidak sekencang dulu. Walaupun sudah ada bantuan stimulus fiskal dan moneter, perputaran roda ekonomi China diniali masih belum bisa berjalan seperti dulu. Selain itu, ada pula prediksi penambahan tingkat pengangguran akibat penyebaran virus COVID-19.

Baca Juga  Akibat Mati Listrik Massal, Industri Ini Alami Kerugian Ratusan Miliar

Lockdown yang dilakukan oleh berbagai negara di seluruh dunia membuat rantai pasokan barang menjadi terusik. Banyaknya kasus imported case ke China juga banyak membuat investor di sana menjadi ragu untuk melakukan investasi. Selain itu konsumsi dan permintaan domestik juga mengalami pemerosotan yang cukup dalam.

Kemarin, Selasa (14/4) IMF merilis laporan baru tentang pertumbuhan ekonomi global. Pada tahun 2020 ini, IMF meramalkan pertumbuhan global akan mengalami pemerosotan hingga di titik negatif 3 persen. Padahal pada Januari lalu, pertumbuhan ekonomi global diproyeksikan akan meningkat sebanyak 3,3 persen.

IMF juga meramalkan bahwa ekonomi global yang akan terjadi ini adalah resesi terburuk sejak era Great Depression pada tahun 1929. Menurut IMF, pertumbuhan ekonomi China hanya akan tumbuh sebanyak 1,2 persen.

Peluang Bisnis Masker di Tengah Pandemi Covid-19

Peluang Bisnis Masker di Tengah Pandemi Covid-19

Dana Moneter Internasional atau IMF ramalkan ekonomi RI meningkat 0,5 persen pada tahun 2020

IMF Ramalkan Ekonomi RI Meningkat 0,5 Persen di 2020