in

IMF Ramalkan Ekonomi RI Meningkat 0,5 Persen di 2020

Dana Moneter Internasional atau IMF ramalkan ekonomi RI meningkat 0,5 persen pada tahun 2020
Photo by Fikri Rasyid on Unsplash

Dana Moneter Internasional atau IMF ramalkan ekonomi RI meningkat 0,5 persen pada tahun 2020 ini. Data tersebut berasal dari outlook ekonomi yang dirilis pada hari Selasa (14/4) kemarin. Outlook ekonomi ini adalah revisi dari prediksi pertumbuhan ekonomi yang ditulis pada Januari 2020 lalu.

Pertumbuhan ekonomi global diramalkan akan mengalami pemerosotan hingga di titik negatif 3 persen. Nilai pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan mengalami pemerosotan sebanyak 6,3 persen. Pada Januari lalu, pertumbuhan ekonomi global diperkiran akan meningkat hingga 3 persen. Akan tetapi ada beberapa negara yang masuk di Emerging Asia yang diprediksi akan mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi.

IMF Ramalkan Ekonomi RI Meningkat

IMF menyatakan bahwa ada beberapa negara yang akan mengalami pertumbuhan ekonomi tipis, salah satu negara tersebut adalah Indonesia. Sedangkan negara lainnya diprediksi akan mengalami pemerosotan yang cukup tajam, seperti yang dilansir dari CNBCIndonesia.

IMF ramalkan ekonomi RI meningkat 0,5 persen pada tahun 2020 ini. Pada tahun 2019 lalu, pertumbuhan ekonomi RI sudah mencapai 5 persen. Jika Corona ini bisa segera diselesaikan, pertumbuhan ekonomi RI bisa mencapai 8,2 persen pada tahun 2021.

Baca Juga  Bursa Saham Asia Menguat Efek Stimulus Fiskal

Akan tetapi negara tetangga Indonesia, Malaysia, diramalkan IMF akan mengalami pemerosotan yang cukup besar. Proyeksi pemerosotan pertumbuhan ekonomi Malaysia bisa terjadi hingga negatif 1,7 persen. Pada sebelumnya, pertumbuhan ekonomi Malaysia diprediksi akan meningkta sebanyak 4,3 persen. Namun Malaysia diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan ekonomi hingga 9 persen pada tahun 2021.

Revisi pertumbuhan ekonomi negara ASEAN lainnya juga diproyeksikan dalam outlook tersebut. Filipina diprediksi akan mengalami peningkatan sebanyak 0,6 persen pada tahun nilai dengan proyeksi sebelumnya adalah 5,9 persen. Pada tahun 2021, ekonomi Filipina diproyeksikan akan meningkat sebanyak 7,6 persen.

Vietnam diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang cukup besar dibanding negara ASEAN lainnya. Vietnam diprediksi akan meningkat sebanyak 2,7 persen dari nilai sebelumnya yaitu 7 persen. Di tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Vietnam diramalkan akan meningkat sebanyak 7 persen.

Di sisi lain, Thailand harus mengalami prediksi pemerosotan yang cukup besar. Pertumbuhan ekonomi Thailand diramalkan akan ada di posisi negatif 6,7 persen, padahal di 2019, pertumbuhan ekonomi meningkat sebanyak 2,4 persen. Namun di 2021, pertumbuhan ekonomi diramalkan meningkat hingga 6,1 persen.

Baca Juga  IMF Ingatkan Akan Krisis Akibat Corona
Ekonomi China diramalkan merosot

Ekonomi China Diramalkan Merosot Karena Corona

Bursa Asia Merah

IHSG Harus Merosot di Sesi I Perdagangan