in

Bursa Asia Positif Lagi Akibat Kabar dari Trump

Bursa Asia Positif Lagi Akibat Kabar dari Trump
Photo by Chris Liverani on Unsplash

Bursa Asia positif lagi akibat kabar dari Trump pada perdagangan hari ini, Jumat (17/4). Kabar baik yang dibawa oleh Trump adalah menghijaunya bursa saham Wall Street pada penutupan perdagangan dini hari tadi. Faktor yang membuat menghijaunya bursa Wall Street adalah isyarat Trump untuk membuka kembali kegiatan ekonomi di Amerika Serikat (AS).

Keputusan tersebut diambil karena Trump menganggap pertumbuhan virus Corona di AS sudah mengalami penurunan. Selain itu social distancing dan lockdown yang dilakukan pemerintah AS dianggap sudah membuahkan hasil yang optimal. Ia menyatakan bahwa strategi agresif yang dilakukan pemerintah AS sudah berhasil dan puncak penyebaran virus Corona sudah lewat.

Bursa Asia Positif Lagi Akibat Kabar dari Trump

Menurut data yang dilansir dari CNBCIndonesia, pasar saham negeri Tirai Bambu menguat di pembukaan perdagangan hari ini. Indeks Shanghai Composite mengalami penguatan sebanyak 0,88 persen dan Shenzen meroket hampir 1 persen. Sementara itu, Hang Seng Hong Kong meningkat tajam sebanyak 2,25 persen.

Bursa saham Jepang juga mengalami peningkatan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai indeks Nikkei 225 yang meroket sebanyak 2,49 persen. Meningkatnya nilai NIkkei 225 dipengaruhi oleh meningkatnya nilai saham bluechip. Sebagai contoh adalah saham Softbank dan Fast Retailing yang masing-masing menguat sebanyak 4 persen lebih. Indeks Topix juga mengalami penguatan sebanyak 1,24 persen. Saham bidang teknologi juga menguat di perdagangan hari ini. Advantest dan Tokyo Electron masing-masing melonjak sebanyak 4 persen dan 3 persen. Saham otomotifpun tidak mau kalah. Toyota meningkat sebanyak 2 persen lebih dan Honda terbang tinggi sebanyak 7 persen.

Baca Juga  Bursa Asia Menguat Seiring Melambatnya Corona

Bursa saham Korea Selatan juga mengalami apresiasi yang cukup bagus. KOSPI Korea Selatan menguat sebanyak 3,26 persen dan KOSDAQ merangkak sebanyak 1,35 persen.

Pasar saham Australia juga seumringah di perdagangan hari ini. Indeks S&P/ASX 200 mengalami peningkatan sebanyak 1,93 persen. Peningkatan ini ditopang oleh menguatnya saham-saham Australia yang lain.

Bursa saham Indonesia pun tidak mau kalah. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penguatan sebanyak 2,62 persen pada pukul 10.20 WIB.

Meningkatnya bursa Asia kemungkinan besar mengikuti meningkatnya bursa Wall Street. Wall Street ditutup dalam keadaan menghijau di perdagangan dini hari tadi. Indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) mengalami peningkatan sebanyak 0,1 persen. S&P 500 juga mengalami penguatan sebanyak 0,6 persen. Penguatan terbesar dirasakan oleh Nasdaq Composite yang menguat sebanyak 1,7 persen.

Rupiah Menguat Akibat Sentimen dari Barat

Rupiah Menguat Akibat Sentimen dari Barat

Kartu Indonesia Pintar

Kartu Indonesia Pintar Siap Meluncur