in

Kartu Indonesia Pintar Siap Meluncur

Kartu Indonesia Pintar
Photo by Yannis H on Unsplash

Pemerintah Indonesia telah mencairkan dana sebesar Rp15,76 triliun untuk program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Program KIP adalah program yang dilakukan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Keungan menyatakan bahwa pencairan dana untuk KIP sudah dipercepat. Hal ini dilakukan untuk mempercepat penyaluran dana bantuan sosial (bansos) untuk korban virus Corona. Anggaran ini sudah disalurkan pada 8 April 2020 yang lalu.

Menurut data yang dirilis worldometers, jumlah kasus virus Corona per Jumat (17/4) ada sejumlah 2.182.823 kasus di berbagai penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah kasus virus Corona ada sebanyak 5.516 kasus virus Corona. Jumlah pasien yang meninggal ada 496 pasien dan yang sembuh ada sebanyak 548 kasus.

kemenkeu menyatakan bahwa dana bantuan PIP untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah dicairkan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta III. Dana yang sudah dicairkan ada sebanyak Rp12,25 miliar dan akan diberikan kepada 16.300 siswa. Untuk Mahasiswa Bidikmisi, dana yang disediakan ada sebanyak Rp61 miliar dan dipersiapka untuk 10.100 mahasiswa di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Ramadhan 2019, BI Prediksi Inflasi di 0,51%

Anggaran ini akan diperuntukkan kepada anak usia sekolah mulai 6-21 tahun yang berasal dari keluarga kurang mampu. Bantuan yang diterima siswa akan berbeda, tergantung dari jenjang pendidikannya. Untuk siswa Sekolah Dasar (SD) menerima bantuan sebanyak Rp450 ribu, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak Rp750 ribu, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak Rp1 juta, seperti yang dilansir CNBCIndonesia.

Selain itu ada pula KIP yang diperuntukan untuk siswa yang akan ke jenjang perguruan tinggi melalui Bidikmisi oleh Kementrian Agama.Dana yang dialokasikan untuk siswa Madrasah Tahap I (MI, MTs, dan MA) adalah sebanyak Rp182,28 miliar, Dana ini akan disalurkan melalui KPPN Jakarta IV dan akan disalurkan keada 530.591 siswa.

Sebagai informasi, Kartu Indonesia Pintar adalah salah satu program unggulan yang dicanangkan oleh Presiden Joo Widodo. Kartu ini sudah diresmikan bersamaan dengan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtara yang dirilis pada tanggal 3 November 2014.

Bursa Asia Positif Lagi Akibat Kabar dari Trump

Bursa Asia Positif Lagi Akibat Kabar dari Trump

Bursa Asia Menangis Efek Harga Minyak Dunia

2 Emiten Perbankan Rajai Transaksi BEI