in

Efek PSBB, Penumpang MRT Merosot

Penumpang MRT Merosot
Photo by Jemima Nafi on Unsplash

PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) telah resmi dilakukan di daerah Jabodetabek. PSBB telah dilaksanakan sejak 10 April 2020 untuk wilayah DKI Jakarta. Selanjutnya disusul oleh Depok, Bekasi, dan Bogor pada 15 April 2020 dan Banten pada 18 April 2020. Hal ini menyebabkan jumlah penumpang MRT merosot.

Dengan adanya PSBB ini penurunan penumpang transportasi harus berkurang. Menurut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) jumlah penumpang MRT merosot sangat banyak.

Untuk hari-hari normal pada bulan Januari lalu, jumlah penumpang MRT bisa mencapai 85 ribu orang per hari. Ketika Corona mulai mewabah di Indonesia pada bulan Maret, jumlah penumpnag sudah merosot hingga 45 ribu orang per hari atau turun sebanyak 47,5 persen.

Pada data yang dirilis pada bulan April ini, pengguna MRT hanya berkisar sekitar 5 ribu penumpang per hari. Jumlah penumpang sudah mengalami pemerosotan sebanyak 94,11 persen jika dibandingkan dengan data bulan Januari.

Dilansir dari CNBCIndonesia, MRT Jakarta sudah mengurangi jumlah operasionalnya sejak hari ini, Senin (20/4). Sudah ada 3 stasiun MRT yang harus ditutup sementara akibat adanya pembatasan operasional transportasi umum di masa PSBB.

Baca Juga  Efek New Normal Terhadap Ekonomi RI

Menurut keterangan dari Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi, ada tiga stasiun yang tidak memberangkatkan penumpang oleh MRT Jakarta. Stasiun -stasiun tersebut adalah Stasiun ASEAN, Stasiun Blok A, dan Stasiun Haji Nawi.

Kebijakan tersebut harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di DKI Jakarta. Langkah itu juga seirama dengan arahan Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah bagi masyarakat Jakarta. Oleh karena itu kebijakan ini juga dilakukan untuk mendukung aski PSBB yang dilakukan di Jakarta.

Selain itu ada pula kebijakan lain tentang selang waktu keberangkatan kereta yang berlaku pada hari ini Senin (20/4). Selang waktu keberangkatan kereta berubah menjadi 30 menit. Jam operasional MRT juga berubah selama masa PSBB. MRT akan beroperasi pada pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

 

emas kembali merosot

Harga Emas Roboh Akibat Akan Berakhirnya Lockdown

harga Batu Bara depresiasi

Harga Batu Bara Depresiasi di Perdagangan Minggu Lalu